Kodim Kuningan Dapat Bantuan Mesin Tanam, Petani Boleh Pinjam Gratis

Kamis 10-03-2016,17:57 WIB
Reporter : Dian Arief Setiawan
Editor : Dian Arief Setiawan

KUNINGAN - Kodim 0615 Kuningan mendapat kiriman bantuan alat pertanian dari Kementerian Pertanian berupa traktor dan mesin tanam untuk dipinjamkan kepada para petani dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional.
Dandim 0615 Letkol Inf Arief Hidayat mengungkapkan, alat pertanian tersebut berjumlah 10 unit terdiri dari lima unit mesin traktor dan lima unit mesin tanam. Selain itu ada juga bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kuningan berupa mesin pompa air sebanyak 45 unit yang kini sudah didistribusikan ke setiap Koramil masing-masing tiga unit.
\"Alat-alat tersebut akan dipinjamkan kepada para petani yang membutuhkan. Melalui kesepatan kelompok tani yang didampingi para Babinsa yang bertugas di pedesaan, para petani boleh mengajukan peminjaman alat-alat tersebut gratis tanpa ada bayaran apapun,\" ungkap Arief kepada radarcirebon.com, Kamis (10/3).
Lebih lanjut Arief mengungkapkan, salah satu kendala yang paling banyak dihadapi para petani di Kabupaten Kuningan adalah kesulitan mendapatkan pasokan air saat musim kemarau tiba. Sekalipun terdapat saluran irigasi dan sungai tak jauh dari lahan pertanian, namun karena lahan mereka berada lebih tinggi menyebabkan tidak dapat diari.
\"Oleh karena itu bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kuningan berupa pompa air sebanyak 45 unit, dirasa sangat membantu. Mudah-mudahan saat musim kemarau nanti, bantuan ini akan sangat dirasakan manfaatnya oleh para petani sehingga tak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa pompa air yang cukup mahal,\" ujar Arief.
Peran serta TNI dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional, kata Arief, adalah dengan adanya keterlibatan anggota Babinsa di pedesaan turun langsung bersama masyarakat ikut bercocok tanam. Dengan semakin berkurangnya lahan pertanian akibat pembangunan, kata dia, para Babinsa tersebut akan berfungsi sebagai enyuluh pertanian yang memberikan pemahaman kepada para petani tentang intensifikasi lahan sehingga dengan lahan yang terbatas namun bisa menghasilkan produk pertanian yang melimpah. (taufik)
Tags :
Kategori :

Terkait