Pelayanan Kilat Admin Kependudukan Lampung Utara Dipuji

Jumat 21-10-2016,12:17 WIB
Reporter : Harry Hidayat
Editor : Harry Hidayat

BANDAR LAMPUNG – Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemeterian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, mengapresiasi sistem pelayanan singkat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lampung Utara. Pelayanan administrasi kependudukan dan catatan sipil (Adminduk) paling lama hanya 10 menit selesai. Menurut Zudan, pelayanan berjudul ‘Salam 10 Menit’ itu patut dicontoh Disdukcapil lainnya di tanah air. Sebab, cara seperti itu sangat membantu masyarakat yang membutuhkan. “Program ini harus bisa meringankan kesulitan masyarakat dalam memperoleh data kependudukan,” ujar Zudan, saat meresmikan program adminduk di kantor Disdukcapil Kabupaten Lampung Utara (Lampura), Kotabumi, Kamis (20/10/2016). Meskipun target penyelesaiannya 10 menit, ternyata pelayanan itu rata-rata bisa selesai dalam lima menit. “Hal itu sebagai terobosan luar biasa, dan patut dikabarkan ke seluruh negeri, agar dapat menjadi contoh,” ujarnya sumringah. Zudan berharap, Provinsi Lampung bisa menjadi model untuk pelayanan Disdukcapil se-Indonesia. Kehadiran Dirjen Dukcapil Kemendagri ke Provinsi Lampung untuk mensosialiasikan pentingnya pendataan adminduk. Sebab, data itu sudah banyak digunakan oleh instansi pemerintah, dunia perbankan dan kepolisian. Bahkan untuk membuat surat izin mengemudi menjadi data wajib. Begitu juga untuk mengungkap pelaku kejahatan atau mengidentifikasi korban kecelakaan lalulintas. Pada kasus-kasus tersebut korban tinggal diambil sidik jarinya lalu dicocokkan ke pusat data kependudukan. Pada kesempatan itu, Zudan didampingi Bupati Lampung Utara, Agung Ilmu Mangkunegara, Wakil Bupati Sri Widodo, dan anggota DPRD Lampung Utara Guntur Laksana, serta Kadis Dukcapil Azhar Ujang Salim. Dia meminta aparatur sipil negara pada Disdukcapil dapat memberikan pelayanan prima terhadap setiap masyarakat. Karena semakin cepat pelayan yang dilakukan, maka semakin ringan pekerjaan tersebut. Ketua Umum Dewan Pengurus Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Nasional itu mengungkapkan Kemendagri sangat memberi apresiasi terhadap semua kegiatan yang membuat masyarakat senang. “Semoga pelayanan ini menjadi model di seluruh Indonesia, pelayanan 10 menit (Salam 10 Menit) menjadi yang terbaik, di antara yang sudah baik selama ini,” ujar Zudan Arif Fakrulloh. (rls)

Tags :
Kategori :

Terkait