Syukuran dan Tak Lupa Sejarah, Desa Sirnabaya Gelar Sedekah Bumi

Sabtu 29-10-2016,23:00 WIB
Reporter : Dian Arief Setiawan
Editor : Dian Arief Setiawan

CIREBON - Warga Desa Sirnabaya, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon, mengadakan sedekah bumi ngunjung Singapuro, Sabtu(29/10). Acara tersebut dilakukan untuk memperingati sejarah dari kedatangan Laksmana Cheng Ho utusan dari Negeri Tiongkok yang menyebarkan agama Islam di Kerajaan Singapuro, yang kini menjadi Desa Sirnabaya.

Acara tersebut juga sebagai bentuk syukur dari warga Sirnabaya kepada Sang Pencipta. Berbagai hiburan dan pesta dilaksanakan oleh warga Desa Sirnabaya, seperti gamelan renteng, wayang kulit, topeng, karnaval, kesenian sandiwara, dan juga pengajian sebagai penutupnya.

Bahkan, dari berbagai blok di Desa Sirnabaya menyumbangkan beberapa ide kreatif dengan ikut serta dalam karnaval tersebut. Mereka berdandan dengan pakaian seperti jaman dahulu, berpakaian dari berbagai profesi dan karya karya dari penduduk sekitar.

\"Kami, menghargai seni dan budaya desa ini, dan hari ini adalah acara syukuran kita dengan cara sedekah bumi dan juga dalam rangka mengenalkan potensi wisata kita kepada masyarakat, karena di sini kan ada tempat bersejarah,\" kata Kuwu Desa Sirnabaya, Mimin Muhaimin.

Mimin Muhaimin melanjutkan, acara budaya yang digelar selama 3 hari dalam setiap tahunnya tersebut  untuk mengenang dari sejarah Kerajaan Singapuro dan wujud sukur masyarakat atas hasil buminya.

\"Kami adakan acara ini setiap tahunnya supaya masyarakat tahu dan tidak menghilangkan budaya sejarah yang ada di Desa Sirnabaya,\" kata Mimin.(cecep)

Tags :
Kategori :

Terkait