Murah dan Simple, Street Workout Makin Diminati

Selasa 10-01-2017,04:30 WIB
Reporter : Dian Arief Setiawan
Editor : Dian Arief Setiawan

CIREBON - Untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan idela, tidak perlu harus bersusah payah untuk pergi ke tempat-tempat olahraga yang membuat isi kantong terkuras. Kini, olahraga Street Workout bisa menjadi solusinya. Karena, olahraga itu bisa dilakukan di mana saja, tanpa harus mengeluarkan biaya sedikit pun.
Street workout merupakan sebuah bentuk latihan calisthenics dan bodyweight exercise yang biasanya dilakukan di taman terbuka. Calisthenics merupakan latihan yang terdiri dari berbagai gerakan sederhana, berirama yang pada umumnya dilakukan tanpa menggunakan peralatan atau alat.
Ketua Street Workout Cirebon, Ubay menjelaskan, Bodyweight exercise adalah latihan kekuatan yang tidak membutuhkan beban tambahan, biasanya hanya menggunakan berat badan praktisinya sebagai perlawanan ketika melakukan gerakan. Latihan yang paling populer adalah Pull-ups, Chin-ups, Push-ups, Dips, Muscle-Ups, Sit-Ups, Crunches, dan lain-lain.
Kemudian, Street workout juga melibatkan beberapa gerakan statis seperti Human flag, Front and Back lever, Planche, dan Lai. Tujuan dari calisthenic dan bodyweight exercise tidak jauh berbeda. Tujuannya adalah meningkatkan kekuatan tubuh dan fleksibilitas juga meningkatkan keterampilan psikomotor seperti keseimbangan, kelincahan dan koordinasi.
\"Walau olahraga ini terbilang extrem karena rawan cidera, tapi sebenarnya olahraga ini aman dan banyak manfaatnya seperti, membakar lemak dengan cepat, mengahasilakan tubuh yang atletis, dan mengciptakan otot-otot yang kuat,\" jelas Ubay.
Untuk di Kota Cirebon, lanjut Ubay, Street workout mulai muncul pada tahun 2014 lalu. Di mana, peminat awal olahraga itu hanya 5 orang. Namun, sering dengan berjalannya waktu, olahraga itu, kini mulai banyak digandrungi oleh masyarakat Kota Cirebon, khsusnya anak muda.
\"Bagi yang ingin bergabung dengan kami, silahkan datang langsung ke lapang Bima Kota Cirebon dan Korem Sunan Gunung Jati. Kami biasanya berlatih setiap hari Minggu pukul  7 pagi. Tapi kalo setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat kami latihannya pukul 4 sore,\" jelas Ubay. (fazri)
Tags :
Kategori :

Terkait