CIREBON-Seiring dengan tren \'ngopi\', turut mendorong pertumbuhan kedai kopi di Cirebon. Baik itu yang memiliki kedai sendiri ataupun berada di mal. Salah satunya, Kopi Kulo yang merupakan waralaba dari Jakarta tersebut sudah hadir di Cirebon.
Kopi Kulo bisa dibilang salah satu kedai kopi yang cukup populer. Di Cirebon, Kopi Kulo hadir sejak 22 Juni 2018 berupa bisnis waralaba. Kulo diambil dari Bahasa Jawa yang artinya saya. Kopi Kulo lahir dari passion di dunia kopi, ingin menyajikan kopi untuk semua kalangan dengan harga yang terjangkau. Namun, tidak mengurangi kualitas rasanya. Hal itu juga yang menjadikan Kopi Kulo banyak digemari.
\"Ini waralaba dari Jakarta, hampir di setiap kota ada. Di Cirebon sendiri sudah ada sejak Juni, di Foodalicious CSB Mall,\" ujar Christoper Indrawanputra selaku Owner Kopi Kulo Cirebon.
Berbeda dengan konsep di Jakarta, Kopi Kulo di Cirebon berada di dalam mal. Menurut Christoper, hal tersebut disesuaikan dengan market Cirebon. Di Jakarta dan Bandung kecenderungannya, hanya membeli untuk take away (di bawa pulang) atau didominasi dengan pembelian melalui Go-Food atau Grab Food. Sedangkan, di Cirebon cenderung lebih menyukai menikmati kopi sambil nongkrong.
Pemesanan melalui Go-Food dan Grab Food berkisar 30-40 persen, sedangkan yang datang langsung sekitar 60-70 persen. Hal tersebut diantaranya karena di Cirebon lokasi ke berbagai tempat relatif lebih dekat dan tidak terlalu macet seperti di kota besar, Jakarta dan Bandung.
\"Lebih ke segmen milenial, kalau di Jakarta dan Bandung tidak di dalam mal, bukan khusus untuk nongkrong. Tetapi karena di Cirebon banyak yang mau nongkrong dan tempat ramai itu sudah dicari makannya buka di CSB Mall yang secara traffic ramai,\" tuturnya.
Kategori :