Mahasiswa Poltekesos Praktik di Enam Kecamatan

Jumat 14-02-2020,03:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

MAJALENGKA-Mahasiswa Politeknik Kesejahteraan Sosial (Poltekesos) Bandung Tahun Akademik 2020 bakal melakukan praktikum tiga atau tahap akhir di Kabupaten Majalengka. Rombongan yang dipimpin Wakil Direktur I bidang akademik Poltekesos Dr Admiral Nelson Aritonang PHd diterima Sekda Majalengka Drs H Ahmad Sodikin MM di Gedung Yudha Karya Abdi Negara,  Rabu (12/2).  

Pimpinan rombongan Dr Admiral Nelson Aritonang PHd menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Majalengka yang menerima 380 mahasiswa dan 85 dosen pendamping Poltekesos Bandung yang akan melaksanakan praktikum tingkat 3 atau praktikum akhir tahun 2020. Praktikum tersebut akan dilaksanakan di 6 kecamatan yakni Kecamatan Lemahsugih, Kertajati, Jatitujuh, Palasah, Jatiwangi, dan Malausma selama 2,5 bulan terhitung sejak 12 Februari sampai 22 April 2020.

Admiral menambahkan, dalam praktiknya mahasiswa akan melaksanakan perkerjaan sosial makro yang mencakup penggunaan berbagai metode yang digunakan untuk mengubah sistem arah komunitas di tingkat desa yang terintegrasi dengan kewenangan pemerintah kabupaten. 

Sementara tujuan praktikum 3 untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa, dalam melakukan praktik pekerjaan sosial makro terhadap komunitas. Sehingga mahasiswa bersama masyarakat mengidentifikasi kebutuhan dan masalah, kemudian mencari solusi melalui pendekatan sistem sumber daya di masyarakat. Intinya mahasiswa membantu mengembangkan masyarakat untuk mampu menyesuaikan sistem di lingkungan mereka dalam rangka meningkatkan taraf kesejahteraan. 

\"Pemilihan Kabupaten Majalengka sebagai lokasi Praktikum 3 karena Majalengka memiliki ciri khas tersendiri, dengan kreativitas masyarakat yang semakin berkembang. Lokasinya juga strategis dan mudah dijangkau, serta perkembangan pembangunan yang dinamis di berbagai sektor,\" jelas Admiral.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Majalengka, Drs Ahmad Sodikin MM mengucapkan selamat datang di Kabupaten Majalengka kepada para dosen pembimbing dan para mahasiswa Poltekesos Bandung yang akan melaksanakan Praktikum 3 atau tahap akhir.  

Praktikum menurut sekda merupakan pembentukan karakter dalam menghadapi dunia yang sebenarnya di bermasyarakat. \"Semoga para mahasiswa Poltekesos Bandung dapat mentransformasikan ilmu-ilmu yang didapat di perkuliahan, sehingga dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat dan juga dapat berkontribusi kepada Pemerintah Kabupaten Majalengka yang saat ini sedang tumbuh dan berkembang,” pungkasnya. (iim)

Tags :
Kategori :

Terkait