Dimulai April, Perlu 8 Bulan Menata Kawasan Panjunan

Sabtu 15-02-2020,19:30 WIB
Reporter : Agus Rahmat
Editor : Agus Rahmat

CIREBON – Muara sungai di pesisir Kelurahan Panjunan bakal dilakukan penataan oleh Kementerian Pekerjaan Umum Penataan Ruang (Kementerian-PUPR). Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) juga telah menggelar rapat koordinasi dengan SKPD dan lintas sektor untuk memulai penataan.

Kepala DPRKP,  Ir Eddy krisnowanto MM menjelaskan, warga yang menempati di sepanjang bantuan sungai akan dipindahkan. Berdasarkan data awal sekitar 105 kepala keluarga (KK) tinggal di area ini.

Ke depan, ada rencana yang sudah tersampaikan Kementrian-PUPR terkait pembangunan rumah susun, dalam waktu ini akan walikota wakil walikota melakukan audiensi dengan menteri terkait.

Karena itu, dirinya berharap ada pendekatan sehumanis mungkin, dan kuat dari sisi sosialisasi kepada masyarakat.

Pemkot rencananya memberikan santunan untuk 105 KK. Sedangkan nilainya, ditentukan tim appraisal mengacu pada peraturan menteri dalam negeri dan peraturan presiden.

Penjabat Sekretaris Daerah, H Anwar Sanusi SPd MSi berharap pembangunan penataan kawasan Panjunan bisa terwujud. Sebab, nantinya bakal jadi premium bagi Kota Cirebon, dan destinasi pariwisata. Tentunya dengan tidak mengesampingkan warga sekitar.

Sementara untuk anggaran pekerjaan proyek itu, diestimasi sekitar Rp12 miliar. Konsultan Teknikal Manajemen Konstruksi, Ade Setiawan menjelaskan, pekerjaan penataan ini mesti selesai tahun ini, atau sekitar 8 bulan. (abd)

Tags :
Kategori :

Terkait