Jabatan Wabup di Tasikmalaya Kosong, Prosesnya dengan Voting

Selasa 25-02-2020,02:00 WIB
Reporter : Agus Rahmat
Editor : Agus Rahmat

SINGAPARNA – Sudah hampir setahun lebih posisi wakil bupati (wabup) Tasikmalaya kosong setelah Ade Sugianto dilantik jadi bupati pada Desember 2018. Hari ini (24/2), 50 anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya akan memilih Deni R Sagara dan H Heri Ahmadi dengan cara voting.

Ketua Pantek Pemilihan Wakil Bupati Tasikmalaya, Asep Dzulfikri mengatakan, segala persiapan untuk pemilihan wabup sudah selesai. Mulai dari administrasi dua kandidat dan mekanisme pemilihannya pun, sudah disepakati bersama.

“Ya untuk mekanismenya voting dan persiapan lainnya sudah lengkap, tinggal pelaksanaannya saja,” ujarnya, Minggu (23/2).

Asep menyebut, dalam Rapat Paripurna Pemilihan Wakil Bupati, sebelum menuju voting, akan dilakukan dulu laporan dari pantek. Kemudian tahapan selanjutnya dilakukan penetapan calon, penyampaian visi misi calon, kemudian tahapan pemilihan dengan cara voting, pengumuman hasil voting dan penetapan calon terpilih.

“Jadi, seluruh tahapan dilaksanakan dalam satu hari selesai. Mudah-mudahan apa yang direncanakan bisa berjalan lancar tanpa hambatan,” kata anggota dewan dari Fraksi PAN tersebut.

Anggota Pantek Pemilihan Wakil Bupati Tasikmalaya dari Fraksi Partai Demokrat, Ferry Willyam menambahkan, semua proses yang dilaksanakan pantek sudah selesai. Semua pembahasan sudah dilakukan, mulai dari administrasi calon sampai kepada mekanisme pemilihan yang dilakukan anggota dewan.

“Semuanya sudah kita bahas dan memenuhi syarat, agendanya tinggal pemilihan saja besok dengan voting,” ujarnya.

2

Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Asep Sopari Al Ayubi mengatakan, sebagai lembaga pihaknya menyediakan ruang dan waktu untuk pemilihan wakil bupati yang sudah kosong cukup lama. Dengan catatan semua persyaratannya sudah diselesaikan oleh pantek.

“Ya mudah-mudahan dengan pemilihan wabup ini menjadi lengkap, sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa semakin baik,” ujarnya.

Sekretaris DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Iing Farid Khozin mengatakan, memang untuk Senin (24/2), ada dua agenda rapat paripurna. Yang pertama menyampaikan hasil reses dan kedua, laporan Pantek Pemilihan Wakil Bupati. “Untuk paripurna penyampaian laporan pantek dilakukan sekitar pukul 11.00,” katanya.

Kata dia, dalam rapat paripurna tersebut, ada beberapa agenda yang dilaksanakan, mulai dari menyampaikan teknis pelaksanaan pemilihan wabup, penetapan calon, penyampaian visi misi calon, penjelasan tata tertib pemilihan, melaksanakan pemilihan pengumuman dan pemenangan hasil pemilihan.

“Mudah-mudahan pelaksanaannya bisa lancar tidak ada hambatan apa pun. Kami sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk pelaksanaan pemilihan wakil bupati besok (hari ini),” katanya. (yfi)

Tags :
Kategori :

Terkait