Batal Diberangkatkan, Jamaah Umrah Menumpuk di Bandara Soetta

Kamis 27-02-2020,15:40 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

JAKARTA - Ratusan jamaah umrah yang hendak berangkat ke tanah suci tertahan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Kamis (27/2). Tumpukan koper barang bawaan jamaah umrah memanjang di terminal 3 Bandara Soetta.

Ratusan jamaah umrah yang tertahan di Bandara Soetta tersebut sedianya akan diberangkatkan ke Saudi. Namun, pemberangkatan dibatalkan karena otoritas Suadi sudah menutup kedatangan jamaah umrah dari berbagai negara, termasuk Indonesia sejak mulai hari ini.

Penumpukan calon jamaah umrah terlihat sejak pukul 12.00 WIB. Kepadatan calon penumpang maskapai penerbangan semakin menumpuk di Badara Soetta. Karena sebagian jamaah yang baru datang maupun yang sudah menunggu pemberangkatan tapi dibatalkan.

Seperti diketahui, Kerajaan Arab Saudi menghentikan sementara perjalanan umrah. Hal itu terkait pencegahan virus corona.

Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (DPP AMPHURI) Firman M Nur menyampaikan kronologi penghentian sementara umrah.

“Berita penghentian umrah tersebar pada jam 12 malam waktu Saudi atau jam 04.00 pagi waktu Indonesia bagian barat, diawali dengan suspend proses visa umrah, kemudian dilanjut dengan berita-berita lain termasuk suspend untuk masuk ke Saudi untuk umrah atau tujuan lain,” katanya, dikutip dari website AMPHURI.

Berdasarkan instruksi yang diterima oleh Kementerian Haji dan Umrah mengenai tindakan pencegahan yang dilakukan oleh Kerajaan untuk mencegah kedatangan virus Corona baru.

2

Maka selain melakukan beberapa langkah pencegahan, masuknya warga non-Saudi ke Kerajaan untuk tujuan umrah dan kunjungan telah ditangguhkan dan penerbitan visa ditangguhkan sementara.

“Kementerian juga mengkonfirmasi perusahaan-perusahaan umrah dan agen eksternal untuk membatalkan pemesanan di masa depan dari saat ini hingga pemberitahuan lebih lanjut,” jelas Firman yang mengutip dari edaran yang ditersebut. (hsn/yud)

Tags :
Kategori :

Terkait