Perbaiki Cara Komunikasi untuk Cegah Bullying

Jumat 28-02-2020,13:08 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON- Sejumlah dosen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon memberikan penyuluhan perilaku bullying kepada puluhan siswa SMAN 8 Cirebon.

Tiga dosen tersebut diantaranya Aghnia Dian Lestari M IKom, Dedet Erawati M IKom, dan Dian Andriany M IKom. Agenda ini, selain menindaklanjuti hasil riset mereka atas penyebab dan pola penyebaran perilaku bullying, juga merupakan perwujudan tri darma perguruan tinggi dalam bidang pengabdian kepada masyarakat.

Aghnia menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini sebagai pendampingan kepada anak usia pelajar, karena saat ini marak kasus bullying di tingkat sekolah. Berdasarkan hasil riset, perilaku bullying penyebab usia remaja yang masih mencari jati diri, dan tergolong masih belum paham perilaku tersebut betul atau salah.

“Bisa saja ada korban bullying di kemudian hari berubah menjadi pelaku dengan mem-bully orang lagi. Terus dan terus seperti ini pola penyebarannya. Bisa juga berawal dari penggunaan medsos yang salah dalam berkomunikasi dengan pengguna medsos lainnya,” ujar Aghnia, kepada Radar Cirebon, Kamis (27/2).

Dia memandang ada perbaikan pola komunikasi sejak usia dini. Kalau bertemu orang yang dikenal atau tidak, seseorang harus punya pikiran dan perilaku komunikasi yang positif. Dari perbaikan sikap dan perilaku di dunia nyata aktivitas keseharian tersebut, akan dapat terbawa ke dunia maya ketika bermedia sosial.

Kepala SMAN 8 Kota Cirebon, Drs Dena Hendiana MM mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, agenda ini cukup bermanfaat dalam menghindarkan para pelajar dari perilaku atau cara komunikasi yang kurang baik. Bahkan dapat berujung pada sebuah perbuatan perundungan, bai dalam bentuk verbal maupun perundungan fisik. (azs/adv)

Tags :
Kategori :

Terkait