Enam Rumah Terancam Longsor di Garawangi

Sabtu 07-03-2020,21:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN – Sebanyak enam rumah di Dusun Godong RT03 RW01 Desa Karamatwangi Kecamatan Garawangi Kabupaten Kuningan terancam terbawa longsor. Bahkan penghuni di dua rumah terpaksa diungsikan, sebab mengalami kerusakan akibat terseret material longsor.

Masing-masing rumah warga yang diungsikan yakni milik Saptan (52) dan Sarda (49). Rumah milik Sarda rusak berat akibat separuh bagian rumahnya ambrol terseret ke jurang. Sedangkan rumah milik Saptan rusak sedang, karena hanya menimpa bagian dapur yang terbawa longsor. Kondisi enam rumah itu memang terletak di pinggiran tebing yang cukup curam sedalam 25 meter.

Kepala Pelaksana BPBD Kuningan Agus Mauludin menerangkan, peristiwa ini telah terjadi sejak tiga hari ke belakang. Saat ini, penghuni rumah terdampak longsor diungsikan terlebih dahulu untuk menghindari terjadinya longsor susulan.

“Kita akan koordinasi dengan dinas terkait, apakah akan direlokasi semua atau tidak, ada sekitar enam rumah. Namun jika harus dibangun TPT juga percuma, sebab kontur tanahnya ini seperti tanah urugan jadi kurang padat, ini rawan sekali, apalagi tepat di pinggir tebing,” paparnya.

Babinsa Desa Karamatwangi Serma Tata Komarudin menambahkan, peristiwa longsor di titik yang sama sempat terjadi beberapa kali. Namun puncaknya yakni saat longsor menyeret sebagian rumah milik warga. “Sebetulnya longsor ini bukan sekali, namun puncaknya itu tiga hari lalu waktu longsor sampai menyeret bangunan rumah. Kondisinya saat itu memang hujan lebat sejak pagi, kira-kira pas sore menjelang malam kejadian longsornya,” imbuhnya.

Menurut dia, untuk penghuni rumah terdampak longsor sebetulnya pernah disarankan pihak pemerintah desa untuk direlokasi. Namun penghuni rumah enggan untuk direlokasi, hingga akhirnya musibah longsor menimpa rumah tersebut.

“Kondisinya sudah membahayakan, dari pemerintah desa sebetulnya pernah beberapa kali mau direlokasi, tapi yang bersangkutan tidak mau direlokasi. Saat kejadian, kita amankan dulu warga terdampak dan barang-barang yang bisa diselamatkan, sebab saat itu hujan masih lebat dan tanah juga labil,” bebernya.

2

Kini masing-masing penghuni rumah diungsikan di musala dan rumah aparat desa setempat. Sebab cuaca masih sering terjadi hujan, sehingga rawan terjadi longsor susulan. (ags)

Tags :
Kategori :

Terkait