KPU Kunjungi Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah

Minggu 08-03-2020,08:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN -Dalam rangka menguatkan konsolidasi demokrasi pasca helatan Pemilu serentak 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan kembali melakukan kunjungan institusional ke kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kuningan, kemarin (6/3).

Kunjungan KPU ini merupakan implementasi dari penguatan institusi yang menjadi kunci terbangunnya sinergitas kelembagaan. Hal itu sebagaimana surat edaran KPU Provinsi Jawa Barat nomor 10/PP.06.3.SD/32/Prov/I/2020 perihal konsolidasi institusional dan kemitraan strategis.

Perwakilan KPU diwakili oleh Dudung Abdu Salam MPd selaku Divisi SDM, Parmas dan Sosdiklih, Maman Sulaeman SPd selaku Divisi Teknis Penyelenggaraan, serta Asep Budi Hartono MPd selaku Ketua Divisi Data. Kunjungan ini diterima oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Kuningan Drs Ucu Suryana MSi beserta jajaran di ruang kerjanya.

Pertemuan ini berlangsung informal dan santai dengan tema utama seputar pemilihan umum, literasi dan demokrasi. Maman Sulaeman menyampaikan terima kasih atas penerimaan dari pihak dinas terhadap kunjungan tersebut.

“Banyak hal yang mungkin dapat disinergikan dengan dinas ini, utamanya dalam hal penguatan literasi, khususnya literasi demokrasi,” kata Maman.

Lebih lanjut Maman menyampaikan, saat ini KPU Kuningan sedang melakukan kegiatan sinergitas dengan stakeholder dalam upaya meminta saran dan masukan, terhadap proses perencanaan Pilkada berikutnya.

“Tujuannya adalah berjalannya proses demokrasi dengan baik, serta kualitas dan kuantitas partisipasinya lebih meningkat,” ujarnya.

2

Sedangkan Dudung Abdu Salam dalam kesempatan itu, menyampaikan beberapa rencana kegiatan KPU pasca pemilu serentak. Antara lain kegiatan KPU Goes to Campus, Rangking Satu Demokrasi antar SMA sederajat dan diskusi demokrasi, serta hal-hal lain yang dapat disinergikan dengan pihak Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah.

“Pendidikan politik merupakan program utama yang akan terus dilakukan KPU sebagai penopang rencana pembangunan jangka menengah. Diharapkan dengan pendidikan politik yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 ini, tingkat pemahaman masyarakat terhadap demokrasi semakin baik dan meningkat,” harap Dudung.

Sementara itu, Kepala Dinas Arsip dan Pepustakaan Daerah Kuningan Drs Ucu Suryana MSi, menyambut baik atas kunjungan KPU tersebut. Ucapan terima kasih disampaikannya atas kunjungan itu, karena selain silaturahmi, juga dalam rangka menambah saudara dan mitra.

“Tugas pendidikan politik bukan saja domain KPU, tapi stakeholder yang lain, termasuk Dinas Arsip dan Perpustakaan sangat mendukung program-program KPU yang berkaitan dengan pendidikan politik,” katanya.

Pihaknya pun sangat mendukung kegiatan-kegiatan KPU, khususnya yanag akan dilaksanakan di tahun 2020 ini. Salah satu fokus tugas dari dinas ini, kata Ucu, antara lain penyadaran dan penguatan literasi kepada pelajar dan masyarakat.

“Kami membuat program go to shool, duta baca, pojok baca, dan lain-lain. Karena di era 4.0 ini ilmu pengetahuan berkembang sangat pesat. Oleh karena itu, ke depan kegiatan-kegiatan yang bisa disinergikan dengan KPU, kami siap berkolaborasi,” tegas Ucu. (muh)

Tags :
Kategori :

Terkait