Pasien Cirebon; 1 Baru Pulang dari Singapura, 1 Bertemu Banyak Orang

Rabu 11-03-2020,11:30 WIB
Reporter : Agus Rahmat
Editor : Agus Rahmat

DUA pasien dengan status PDP atau pasien dalam pengawasan terkait virus corona (covid-19) masih terus menjalani perawatan di dua rumah sakit di Cirebon. Satu pasien diketahui baru pulang dari Singapura, satu lagi adalah pegawai salah satu instansi yang dalam proses-proses pekerjaannya bertemu banyak orang, baik dari dalam maupun luar negeri.

Data itu disampaikan Kadinkes Kabupaten Cirebon Hj Eni Suhaeni SKM MKes yang dijumpai Radar di sela rapat koordinasi jarak jauh menggunakan teknologi dengan Gubernur Ridwan Kamil kemarin. Eni menuturkan, satu PDP dari Kabupaten Cirebon baru pulang dari Singapura  dan menderita sakit dengan gejala mirip orang yang terpapar corona.

“Sudah diobservasi dan diisolasi di ruangan khusus. Yang bersangkutan baru saja dari Singapura. Menunjukkan gejala demam dan lain-lainnya. Sudah sekitar empat hari dirawat dan sudah menunjukkan perkembangan bagus. Kondisinya perlahan membaik. Untuk swabnya sudah diambil untuk dites,” jelas Eni.

Sementara satu PDP lainnya, lanjut Eni, adalah pegawai salah satu instansi yang dalam pekerjaannya bertemu banyak orang, baik dari dalam maupun luar negeri. PDP ini dirawat karena mengalami gejala-gejala yang mirip dengan PDP lainnya. “Pasien ini dalam pekerjaannya bertemu dengan banyak orang. Dengan banyak pihak dari dalam dan luar negeri. Saat ini kita terus pantau perkembangannya,” kata kadinkes.

Pada kesempatan yang sama, Bupati H Imron MAg

melaporkan secara rinci dan detail perkembangan PDP dan orang dalam pemantauan (ODP) kepada Gubernur Ridwan Kamil. “Banyak juga yang disampaikan gubernur. Di antaranya terkait sosialisasi kepada masyarakat untuk melakukan tindakan pencegahan, membiasakan hidup bersih dan sehat,” terang Imron di ruang command centre di kantor bupati.

Imron menjelaskan, dari data yang ia terima saat ini jumlah total PDP dan ODP di Kabupaten Cirebon 15 orang. Rinciannya, 4 PDP dan 11 ODP. Untuk PDP, lanjut Imron, 2 orang sudah dinyatakan sembuh dan negatif corona, sementara dua lainnya masih dalam pengawasan oleh tim medis. (dri)

Tags :
Kategori :

Terkait