Stok Terbatas, Harga Gula Tembus Rp17.000

Sabtu 14-03-2020,16:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN - Harga gula pasir normalnya di kisaran Rp 12.000 per kilogram. Namun sejak dua bulan terakhir ini terus merangkak hingga sekarang sudah mencapai Rp17.000 per kilogram .

Menurut Cicih salah seorang pemilik toko klontong di Pasar Kepuh, melonjaknya harga gula pasir disebabkan karena stok yang terbatas. Kondisi ini juga dipengaruhi oleh tingginya permintaan konsumen pemilik usaha kue kering untuk persiapan Lebaran.

\"Awal terjadi kenaikan harga gula pasir sejak Februari lalu akibat peningkatan permintaan para pengusaha kue kering untuk persiapan Lebaran. Tapi beberapa hari terakhir ini harganya masih terus merangkak naik ditambah pasokannya yang berkurang,\" ujar Cicih kepada Radar kemarin.

Cicih memprediksi kondisi tingginya harga gula pasir ini masih akan terjadi hingga menjelang bulan puasa nanti. Seperti diketahui, kata Cicih, permintaan gula pasir cenderung tinggi selama puasa apalagi saat menjelang Lebaran.

\"Sekarang masih sebulan menjelang puasa saja sudah Rp 17.000, bisa jadi pada saat menjelang puasa akan kembali naik. Mudah-mudahan nanti dari pemerintah bisa menyiasati supaya kenaikannya tidak terlalu memberatkan masyarakat,\" ujar Cicih.

Sementara itu petugas pemantau harga dari Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Arisman mengatakan, jika kenaikan harga gula pasir masih terjadi tak terkendali biasanya pemerintah akan menggelar operasi pasar untuk mengatasinya. Namun demikian, Arisman berharap, kondisi tingginya harga gula pasir bisa dikendalikan sebelum puasa tiba.

\"Kondisi tingginya harga gula pasir di pasaran saat ini selalu dalam pantauan kami kemudian dilaporkan ke atasan. Kalau lihat di televisi, kenaikan harga gula pasir ini terjadi merata di berbagai daerah di Indonesia sehingga saya yakin akan menjadi perhatian pemerintah pusat untuk mencari solusinya, seperi pasar murah atau operasi pasar,\" ujar Arisman.

2

Namun demikian, kata Arisman, kabar baiknya tingginya harga gula pasir ini tidak diikuti oleh barang kebutuhan pokok lain seperti beras,  minyak goreng ataupun daging dan sayur.

\"Untuk harga telur dan daging ayam memang masih terbilang tinggi yaitu Rp22.500 dan Rp34.000 per kilogram. Namun untuk kebutuhan lainnya masih stabil seperti daging sapi masih Rp110.000, beras Rp11.000, dan minyak goreng Rp12.000 per kilogram, apalagi cabai merah yang sebelumnya tinggi malah turun sekarang jadi Rp40.000,\" ujar Arisman seraya berharap kondisi harga stabil ini masih bertahan hingga menjelang puasa nanti. (fik)

Tags :
Kategori :

Terkait