Pulang dari LN, 22 Orang Dipantau, Pemerintah Majalengka Tetapkan Siaga Corona 14 Hari

Selasa 17-03-2020,22:45 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

MAJALENGKA- Puskesmas Waringin Kecamatan Palasah meingkatkan kewaspadaan terhadap para TKI dan warga yang baru pulang dari luar negeri (LN). Mereka melakukan kunjungan ke rumah para eks TKI dari berbagai negara tersebut.

Kepala UPTD Puskesmas Waringin, Mulyana Alamsyah, SKM menyebutkan hingga saat ini, diketahui jika ada 22 orang yang baru saja pulang dari luar negeri.

“Kami akan mendatangi warga yang baru pulang dari luar negeri untuk mengecek kesehatan dan memberikan edukasi tata cara batuk yang benar, cuci tangan yang benar dan Prilaku Hidup Sehat ( PHBS),” jelasnya.

Terpisah Kepala Desa Waringin, Umar menyebutkan ada dua warganya yang baru pulang dari luar negeri. Kedua warganya itu adalah Tati (28) warga RT/RW 02/01 Blok Linggawangi dari Taiwan dan Mimin (40) RW 04 merupakan TKW asal Malaysia. Keduanya, kata dia, dalam kondisi sehat.

Namun untuk memastikan kondisinya, hari ini (17/3), kedua TKW itu akan dicek kesehatannya oleh petugas medis dari Puskesmas Waringin.

Sementara itu, terhitung sejak tanggal 15 hingga 28 Maret mendatang, Kabupaten Majalengka ditetapkan sebagai daerah siaga Corona. Status itu ditetapkan Bupati seusai menggelar Rakor dengan Forkominda, Minggu (15/3) sore.

Penetapan status tersebut diikuti dengan kebijakan berupa pembatasan aktivitas masyarakat. Belajar di rumah bagi para siswa adalah salah satu kebijakan yang diambil. Namun pemerintah memastikan, penetapan status ini tidak berdampak terhadap pelayanan di kantor-kantor pemerintahan. Pelayanan terhadap masyarakat tetap berlaku seperti biasa.

2

Misalnya di Kantor Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi Usaha Kecil Menengah (K2UKM) Kabupaten Majalengka. Masyarakat masih bisa mengurus pembuatan Kartu Kuning secara normal.

\"Nggak ada perubahan dalam pelayanan. Berjalan seperti biasanya, normal-normal saja. Tidak mengurangi pelayanan, seperti jamnya berkurang atau harinya dikurangi, tidak ada itu,\" kata Kepala Dinas Sadili kepada, Senin (16/3).

Sementara itu, sebagai antisipasi dan pencegahan penularan virus corona, Urusan Dokkes Polres Majalengka melakukan pemeriksaan suhu tubuh terhadap Personel dan Pengunjung Polres Majalengka setelah apel pagi, Senin, (16/3).

Kapolres Majalengka AKBP Bismo Teguh Prakoso melalui Paur Kes Iptu Judiono mengatakan selain pemeriksaan suhu badan, pengunjung Polres Majalengka juga dipersilahkan mencuci tangan menggunakan hand sanitizer yang telah disiapkan. Ia mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat mencegah penyebaran virus corona di lingkungan Mapolres Majalengka.

\"Pemeriksaan suhu tubuh ini diharapkan bisa mengetahui kondisi anggota dan pengunjung Polres Majalengka dalam keadaan sehat atau tidak,” ungkap Judiono.

Sementara, untuk memberikan pemahaman yang utuh terkait virus Corona, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Majalengka berencana lebih meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat.

\"Di sini sudah dibentuk Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 yang diketuai Bapak Sekda. Nah ke depan, dari Diskominfo akan melakukan sosialisasi lewat beberapa media, misalnya radio yang kami miliki. Nanti mungkin ada talkshow dengan menghadirkan narsum dari Dinkes\" kata Kepala Diskominfo, Gatot Sulaeman.

Lebih jauh Gatot mengimbau masyarakat tidak mudah terpengaruh oleh kabar seputar Corona yang sumbernya tidak jelas. 

Tags :
Kategori :

Terkait