Masyarakat Masih Buang Sampah Sembarangan

Rabu 18-03-2020,18:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Kesadaran masyarakat untuk membuang sampah di tempatnya masih minim. Hal ini terlihat dengan banyaknya sampah yang menumpuk di pinggir ruas jalan utama.

Dari pantauan Radar Cirebon, di ruas Jalan Kedawung (deket pom bensin) terdapat tumpukan sampah. Padahal di jalan tersebut telah dipasang pagar dengan spanduk bertuliskan \"Dilarang buang sampah sesuai dengan Perda No 4 Tahun 2018 kurungan 3 bulan atau denda 50 juta.\" Namun faktanya, tetap saja banyak pengendara yang melintas di jalan tersebut dan membuang sampah di lokasi itu

Aisyah (40) salah satu pengguna jalan yang kerap melintas di jalan tersebut pun mengungkapkan, dia sering kali melihat pengendara yang sering membuang sampah di jalan tersebut. Terutama di pagi dan menjelang sore hari. \"Saya memang suka lewat sini, beberapa kali suka lihat yang buang sampah di sini. Padahal sudah ada spanduk dilarang buang sampah,\" ungkapnya.

Tak hanya di ruas Jalan Kedawung. Memasuki ruas jalan Jl Otto Iskandardinata, Weru Lor, Kecamatan Weru, Cirebon (Plered dekat Ramayana) juga terlihat beberapa titik yang menjadi TPS dadakan. Seperti halnya tumpukan sampah di pinggir jalan.

Salah satu pedagang kaki lima, Ahmad (32) pun menuturkan menumpuknya sampah menjadi alasan warga membuang di tempat tersebut. \"Karena sudah banyak sampah, jadi yang buang juga merasa tak bersalah, asal buang saja. Semoga cepat dibersihkan agar masyarakat yang buang sampah sembarang malu,\" tukasnya. (apr)

Tags :
Kategori :

Terkait