Arahan Presiden Terbaru, untuk Penanganan Corona: Stop Ekspor Masker, Perbanyak Rapid Kit Test

Kamis 19-03-2020,12:02 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

Dan juga diperlukan juga bisa memanfaatkan Wisma Atlet di Kemayoran, ini kapasitasnya cukup besar, kalau nggak keliru 15 ribu dan hotel BUMN yang juga bisa dipakai.

Kemudian juga rencana konvergensi ini juga harus kita siapkan sampai ke bawah termasuk percepatan pembangunan rumah sakit di Pulau Galang di Kepulauan Riau.

Yang kelima, saya ingin perlindungan maksimal kepada para dokter, tenaga medis, dan jajaran di rumah sakit yang melayani pasien yang terinfeksi COVID-19, pastikan bahwa ketersediaan alat pelindung diri APD, karena mereka berada di garis terdepan sehingga petugas kesehatan harus terlindung dan tidak terpapar oleh COVID-19.

Termasuk juga saya minta Menteri Keuangan ini juga pemberian intensif bagi para dokter, perawat, dan jajaran rumah sakit yang bergerak dalam penanganan COVID-19 ini.

Yang keenam, saya minta kebutuhan alat-alat kesehatan seperti masker, hand sanitizer, dipastikan tersedia, kita untuk ekspor masker dan alat-alat kesehatan yang diberikan untuk ini lebih baik disetop terlebih dulu, pastikan terlebih dahulu stok dalam negeri cukup.

Kemudian juga ketersediaan bahan baku untuk produksi alat-alat kesehatan yang diperlukan dalam menghadapi situasi ini

Yang terakhir saya minta dipastikan ketersediaan dan stabilitas harga barang-barang kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh masyarakat. 

Saya kemarin sudah cek di Bulog, stok kita lebih dari cukup, kemudian saya kira Maret ini banyak daerah mulai panen raya, April juga masih panen raya sehingga penyerapan oleh Bulog juga agar diatur, saya juga minta Menko Perekonomian dan kementerian terkait segera menjalankan kebijakan insentif ekonomi utamanya bagi pelaku usaha lebih khusus lagi pelaku UMKM yang terkena dampak ekonomi penyebaran COVID-19.

2

Walaupun ada kebijakan pengurangan interaksi saya minta pelaku usaha, pelaku UMKM bisa memaksimalkan penggunaan pelayanan secara online.

Saya rasa itu sebagai pengantar yang bisa saya sampaikan. (yud)

Tags :
Kategori :

Terkait