Kantor Camat Kramatmulya Disemprot Disinfektan

Sabtu 21-03-2020,02:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN - Guna mencegah penyebaran virus corona (Covid-19), Pemerintah Kecamatan Kramatmulya melakukan kegiatan penyemprotan masal menggunakan cairan desinfektan di lingkup kantor Kecamatan Kramatmulya, Kamis (19/3).

Penyemprotan desinfektan tersebut dimulai dari halaman kantor Kecamatan yang terletak di Desa Kalapagunung, kemudian setiap sudut ruangan kerja pegawai juga ikut disemprot. Bahkan Mushola dan Aula di kantor ini pun tidak luput dari penyemprotan menggunakan cairan desinfektan.

Camat Karamatmulya Guruh Irawan Zulkarnaen SSTP MSi melalui Sekmat Nana Supriatna yang memimpin langsung kegiatan penyemprotan tersebut mengatakan, tujuan dilakukannya penyemprotan desinfektan tak lain dalam rangka mengantisipasi sekaligus sebagai langkah pencegahan terhadap corona virus, yang saat ini sudah menjadi Pandemi, atau wabah global di seluruh dunia.

“Hari ini (kemarin, red), kami mulai melakukan penyemprotan masal sebagai bentuk antisipasi pencegahan menyebarnya corona virus atau Covid-19. Kami memulainya dari kantor Kecamatan, hampir semua setiap sudut lokasi kantor kecamatan kami lakukan penyemprotan,” kata Nana.

Dijelaskan Nana, penyemprotan dilakukan melibatkan semua pegawai di lingkup Kecamatan Kramatmulya, bahkan penyemprotan dilakukan sore hari setelah pulang kerja. Hal itu agar tidak mengganggu aktivitas kantor.

“Rencananya, penyemprotan desinfektan tidak hanya di lingkup Kecamatan Karamatmulya, kami telah bekerjasama dengan Forum Kerja Kecamatan Kramatmukya seperti Polsek, DKM Masjid, hingga ke Mushala-Mushala,” ujarnya.

Selain melakukan langsung penyemprotan, lanjut Nana, pihaknya telah memerintahkan ke setiap desa untuk melakukan hal yang sama, yakni penyemprotan di area strategis lainnya.

2

“Selain melakukan penyemprotan, kami dari Kecamatan Karamatmulya juga sekaligus melakukan sosialisasi terkait pencegahan corona virus ke desa-desa. Kantor-kantor desa juga dilakukan penyemprotan yang sama,” kata Nana.

Nana juga mengimbau kepada masyarakat yang ada diwilayahnya  untuk tidak panik, namun tetap selalu waspada dalam mengantisipasi penyebaran corona virus yang kini semakin mengkhawatirkan.

“Alhamdulilah untuk di Kecamatan Karamatmulya belum ada yang suspect positif. Yang terpenting selalu menjaga kebersihan, prilaku hidup sehat, jangan sering bersentuhan dengan sesama. Kami telah mengintruksikan ke pemerintahan desa untuk melapor jika ada orang baru di wilayahnya, baik pendatang maupun warga yang baru pulang bepergian dari luar daerah,” tuturnya.

Hal sama juga dilakukan di kantor Kecamatan Pancalang. Menurut Deni Komara SIP MSi selaku Camat Pancalang, sejak beberapa hari kemarin pihaknya pun telah melakukan penyemprotan desinfektan di lingkungan kantor Kecamatan. Penyemprotan juga dilakukan di setiap kantor desa dan Masjid di wilayah Kecamatan Pancalang, termasuk kantor Polsek, Koramil, sekolah-sekolah, madrasah, dan gedung perkantoran lainnya.

“Di Kecamatan Pancalang sudah dilakukan penyemprotan desinfektan. Ini sebagai upaya kami mencegah penularan corona virus sebagaimana yang diinstruksikan Pemda Kuningan,” kata Deni, seraya menyebut ada 13 desa di Kecamatan Pancalang yang telah diinstruksikan untuk dilakukan penyemprotan desinfektan. (muh)

Tags :
Kategori :

Terkait