Check Point Minta Diperketat, Lakukan Pemeriksaan dan Pendataan

Minggu 29-03-2020,09:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN – Upaya Pemerintah Kabupaten Kuningan terus dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran corona virus (Covid-19) menyebar ke kota kuda. Salah satunya dilakukan melalui pos check poin (titik pemeriksaan) di wilayah perbatasan Kuningan, khususnya perbatasan Kuningan-Cirebon.

Pemkab diminta memperketat check point dengan lebih maksimal melakukan pemeriksaan, khususnya bagi penumpang bus dan travel serta kendaraan pribadi yang datang dari luar daerah, khususnya kota-kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya. Hal itu demi lebih meyakinkan tidak ada penyebaran corona virus yang terbawa dari luar.

“Terima kasih kepada Pemda Kuningan yang telah melaksanakan pemeriksaan di perbatasan. Mudah-mudahan semua baik-baik saja, semua petugas di lapangan tetap sehat dan diberi perlindungan oleh Allah SWT. Tapi lebih baiknya lagi diperketat, ini demi kebaikan semua,” ujar Sanhadi, warga Kuningan, kemarin (27/3).

Sementara itu, dari pantauan Radar Kuningan di lapangan, para petugas tampak berjaga-jaga sekaligus melakukan pemeriksaan di sejumlah titik perbatasan Kuningan, salah satunya di perbatasan Kuningan-Cirebon, Desa Sampora Kecamatan Cilimus. Pemeriksaan terus dilakukan guna mengantisipasi berbagai kemungkinan terkait penyebaran wabah corona.

Petugas yang merupakan gabungan dari TNI, Polri, BPBD, PMI, Dinas Kesehatan, Pol PP, Dishub, dan lainnya, terus berjibaku siang malam secara bergantian, guna mengantisipasi menjalarnya wabah ini ke Kuningan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Agus Mauludin SE menjelaskan kesiapan para petugas lapangan. Terutama pos check point di perbatasan Kuningan-Cirebon, pihaknya terus melakukan pemeriksaan dan pemantauan, mengingat arus mudik di jalur utama itu cukup banyak.

“Kita selalu siap, terutama check point Sampora (Perbatasan Kuningan-Cirebon) memang arus mudik cukup banyak. Petugas terus melakukan pemeriksaan dan pendataan. Petugas gabungan dari TNI, Polri, BPBD, Dinkes, Satpol PP, Dishub,” jelasnya.

2

Sebelumnya, Bupati H Acep Purnama SH MH, memastikan seluruh check point di wilayah perbatasan Kuningan beroperasi maksimal. Pihaknya terus berupaya keras untuk mengantisipasi penyebaran corona virus agar tidak menyebar di Kabupaten Kuningan.

“Kita sudah ada check point di sejumlah titik perbatasan. Yang penting kita melakukan pemeriksaan dengan baik, tanpa menimbulkan ketersinggungan dan kecurigaan. Yang sudah positif juga insya Allah bisa diatasi di sini, dan alhamdulillah sekarang mulai membaik,” kata Acep. (muh)

Tags :
Kategori :

Terkait