Lapas Kuningan Sumbang APD RS Swasta

Kamis 16-04-2020,05:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN - Para pegawai Lapas Kuningan turut peduli terhadap tugas berat tanaga medis rumah sakit di tengah wabah virus corona (Covid-19) dengan ikut peduli menyumbangkan alat pelindung diri (APD), kemarin (14/4).

Secara simbolis penyerahan APD tersebut dilakukan di halaman Lapas oleh Kalapas Gumelar Budirahayu kepada perwakilan tenaga medis RS Wijaya Kusumah. Alat pelindung diri medis yang disumbangkan terdiri dari baju hazmat, sepatu boot hingga face shield (pelindug wajah).

\"Bantuan ini sebagai wujud tali kasih kami untuk tenaga medis sebagai garda terdepan penanganan wabah Covid-19. Seperti kita ketahui, tenaga medis terutama yang ada di rumah sakit swasta masih terkendala alat pelindung diri (APD) yang kurang, sehingga kami tergerak untuk turut membantu mereka. Semoga bantuan kami ini bermanfaat,\" ujar Kalapas didampingi Kasi Binadik Ratri Handoyo Ekosaputro.

Gumelar mengatakan, bantuan tersebut hanya difokuskan untuk tenaga medis di beberapa rumah sakit swasta yang ada di Kabupaten Kuningan. Alasannya, kata Gumelar, walaupun rumah sakit swasta bukan menjadi rujukan bagi pasien Covid-19, namun keberadaannya sangat berisiko dan sangat mungkin berhubungan dengan pasien corona.

\"Kita tidak tahu pasien yang datang itu sakit apa dan pernah dari mana. Mudah-mudahan dengan para tenaga medis di rumah sakit swasta tersebut telah dilengkapi APD yang memadai, mereka bisa lebih tenang saat menangani pasien apalagi yang mempunyai gejala Covid-19,\" ujar Gumelar.

Sementara itu, Arief Rohmat tenaga medis perwakilan RSU Wijaya Kusumah mengapresiasi dan berterima kasih atas sumbangan APD dari Lapas Kuningan tersebut. Menurut dia, keberadaan APD di rumah sakit swasta memang sangat terbatas sehingga bantuan ini sangat berguna untuk kelangsungan tugas paramedis.

\"Meski kami bukan rumah sakit rujukan Covid-19, namun tidak jarang kami harus menghadapi pasien berisiko terpapar corona. Bahkan kasus positif corona pertama di Kuningan pun ditemukan di RSU Wijaya. Oleh karena itu, bantuan APD ini akan sangat berguna untuk kami mengingat ketersediaannya saat ini sudah sangat terbatas,\" ujar Arief.

2

Arief pun mengapresiasi sumbangan APD dari Lapas Kuningan salah satunya adalah baju hazmat yang sudah memenuhi standar medis. \"Baju hazmat ini sudah memenuhi standar medis, bahkan bisa dicuci dan dipakai lagi. Kami ucapkan terima kasih atas bantuan APD ini, dan akan kami gunakan sebaik-baiknya,\" ujar Arief. (fik)

SIMBOLIS: Kalapas Kuningan Gumelar Budirahayu menyerahkan secara simbolis bantuan APD untuk petugas medis RSU Wijaya Kusuma, kemarin (14/4).

Tags :
Kategori :

Terkait