SKIPM Cirebon Tebar 1 Ton Ikan

Jumat 24-04-2020,16:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Dalam rangka memperingati Bulan Mutu Karantina Ikan (sebelumnya Bulan Bakti Karantina Hasil Perikanan), Stasiun Karantina Ikan dan Peningkatan Mutu (SKIPM) Cirebon melaksanakan aksi sosial membagikan ikan segar kepada masyarakat.

Sebanyak 1 ton ikan segar diberikan SKIPM kepada masyarakat sekitar, panti asuhan, yayasan sosial hingga tim medis RSD Gunung Jati. Bantuan ini, diharapkan dapat mendukung upaya pemenuhan gizi tenaga kesehatan yang berjuang menangani pasien khususnya pasien Covid-19.

Kepala SKIPM Cirebon, Obing Hobir As’ari SPi MP menjelaskan, kegiatan ini rutin dilaksanakan secara serentak dan skala nasional.

SKIPM Cirebon turut memperingati Bulan Bakti Karantina Hasil Perikanan yang sekarang menjadi Bulan Mutu Karantina Ikan, dan sudah soft launching sudah di Jakarta oleh menteri kelautan dan perikanan. “Kita mengikuti rangkaian kegiatan. Salah satunya peduli sosial, peduli iptek, peduli lingkungan, malah kemarin kita menggelar  aksi  sosial masyarakat,” tuturnya.

Tahun ini, kegiatan mengambil tema  ikan sehat bermutu untuk penanggulangan covid-19. Menurut Obing, tercatat 150 paket ikan segar kita berikan ke masyarakat sekitar dan Yayasan Gray. Kemudian memberikan bantuan ikan untuk tim medis dalam rangka peningkatan protein dan meningkatkan gizi.

Selain itu, memberikan APD kepada tenaga kesehatan RSD Gunung Jati. Beberapa Yayasan Anak Yatim diberikan bantuan ikan segar seperti kepada Yayasan Anak Yatim di Watubelah Sumber, Yayasan Nurul Amal di Waled, dan Pesantren Ciwaringin. “Bantuan yang kita berikan bervariasi mulai 50 kg-1 kuintal, dan total ikan yang kita bagikan 1 ton,” bebernya.

Bentuk ikan laut yang kami berikan ada yang berbentuk olahan, dan SKIPM mencoba memberdayakan UMKM pada bulan mutu yang di-launching tanggal 22 April 2020. Bulan Mutu ini akak berlangsung hingga 30 Juni 2020. “Awal atau pertengahan bulan Mei kami juga akan memberikan bantuan,” pungkasnya. (abd/adv)

Tags :
Kategori :

Terkait