Pengumuman Kelulusan Tanggal 2 Mei

Kamis 30-04-2020,21:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON- Ujian Nasional (UN) resmi ditiadakan pemerintah pusat. Keputusan kelulusan pun diserahkan masing-masing sekolah. Semua jenjang pendidikan SMP/SMA/dan sederajat.

Peniadaan UN tahun pelajaran 2019/2020 itu, bukan tanpa alasan. Mempertimbangkan keamanan dan kesehatan peserta didik di tengah pandemi Coronavirus Disease (Covid-19).

Semua sekolah patuh melaksanakan instruksi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, tak terkecuali SMAN 1 Sumber. Kemarin, (29/4) SMA yang berada di pusat pemerintahan Kabupaten Cirebon itu, tengah mempersiapkan kelulusan siswa kelas XII. Salah satu persiapannya melakukan rapat perdana secara virtual.

Kepala SMAN 1 Sumber, Rudianto MPd mengatakan, untuk penentuan kelulusan tahun ini, untuk siswa kelas XII meliputi berbagai komponen. Sebab, UN kali ini ditiadakan secara nasional.  Salah satu komponen yang dilihat adalah kegiatan anak selama mengikuti kegiatan mata pelajaran. Sikapnya bagaimana.

Untuk mengisi nilai ijazahnya, ditulis berdasarkan nilai raport semester 1 sampai 5. Ditambah dengan nilai rata-rata semester 6. Sementara informasi kelulusan sendiri akan diumumkan serentak. Waktunya, di bulan Mei. Tepatnya 2 Mei mendatang.

\"Nah, hari ini (kemarin, red) kita melakukan rapat persiapan untuk menentukan kelulusan. Mematuhi instruksi pemerintah,\" kata Rudianto usai melaksanaan rapat during bersama dewan guru.

Sementara itu, Humas SMAN 1 Sumber, Jazuli MPd menyampaikan, untuk teknis kelulusan nanti, menyesuaikan instruksi pemerintah. Mengingat, pelaksanaannya masih di masa wabah Corona. \"Pihak sekolah akan mengumumkan kelulusanya secara online. Via WA dan email. Siswa nanti bisa mengunduhnya,\" imbuhnya.

2

Di tempat yang sama, Waka Kurikulum SMAN 1 Sumber,  Hj Puji Utami SPd menambahkan, untuk tahapan kelulusan berbagai tahapan sudah dilalui siswa. Dimulai dari penilaian fortopolio dan penugasan matapelajaran. \"Sejak Januari sampai Februari, kita laksanakan Ujian Praktik. Ada 10 pelajaran. Kemudian sejak Maret ada ujian sekolah. Semua sudah selesai,\" pungkasnya. (sam)

Tags :
Kategori :

Terkait