Tes Swab FK UGJ dengan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Cirebon, Target 1.000 Sampel Selama PSBB

Selasa 12-05-2020,08:00 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

SAAT ini hasil swab test bisa diketahui dengan cepat. Setelah proses pengetesan bisa dilakukan laboratorium FK UGJ (Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati) yang sudah bekerja sama dengan Pemkab Cirebon. Bahkan saat ini sudah lebih dari 50 kali melakukan swab test.

Hal tersebut disampaikan Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon Nanang Ruhyana SKM MKes MH. Menurutnya, dari 50 lebih sampel yang sudah diperiksa tersebut, hasilnya seluruhnya negatif.

“Sekarang proses untuk swab test lebih cepat diketahui hasilnya. Upaya pencegahan pun bisa semakin cepat dilakukan. Saat ini sudah puluhan orang yang kita periksa swabnya, hasil seluruhnya negatif,” ujar Nanang.

Menurut Nanang, pemeriksaan puluhan orang yang dinyatakan negatif itu meliputi, ODP, PDP dan OTG serta kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Target kita 1.000 sampel dalam waktu pelaksanaan PSBB ini. Sekarang masih running, setiap hari selain petugas medis di rumah sakit, surveillance melaporkan pada tim untuk siapa saja yang harus swab test, baik orang yang bersangkutan dengan gejala atau tanpa gejala,” imbuhnya. (dri)

Tags :
Kategori :

Terkait