Persiapan Berkendara Aman di Tengah Pandemi

Senin 08-06-2020,02:00 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON – Pandemi global akibat virus Covid-19 membuat AutoFamily harus menjalankan aturan #DiRumahAja. Termasuk tidak mengemudi kendaraan untuk aktivitas bersama keluarga untuk memutuskan mata rantai penularan wabah virus Covid-19.

Setelah beberapa bulan, pemerintah berencana melonggarkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan mulai memasuki masa transisi untuk siap menjalankan tahapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau New Normal.

Aftersales Division Head Auto2000, Ricky Martawijaya menyebutkan saat ini aktivitas mulai bisa kembali dijalankan walau masih terbatas dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Untuk itu, Auto2000 merasa perlu mengingatkan kembali hal-hal yang berpengaruh pada keamanan saat berkendara.

\"Ada beberapa langkah yang bisa dijalankan supaya perjalanan bersama keluarga tercinta dapat berlangsung lancar dan aman saat kondisi New Normal diputuskan,\" tuturnya.

Lanjutnya, beberapa langkah tersebut seperti persiapkan kondisi kendaraan. Langkah awal ini sangat krusial untuk memastikan mobil tidak memiliki kendala teknis yang bisa merepotkan di jalan, seperti mogok atau bahkan kecelakaan. Tahapan yang dilalui di antaranya mengecek tekanan angin ban, cairan di dalam ruang mesin seperti oli mesin, serta komponen mobil lainnya.

\"Perhatikan apakah ada ketidakwajaran seperti suara aneh atau lampu indikator di panel instrumen berkedip saat mesin nyala atau ketika AutoFamily mengetesnya berkendara keliling lingkungan rumah,\" terangnya.

Kemudian lakukan cek surat-surat kendaraan, gunakan alat pengaman diri, patuhi aturan physical distancing, adaptasi dengan kendaraan, selalu gunakan sabuk pengaman, jalankan prinsip safety driving, amankan barang bawaan.

2

\"Salah satu kunci mengemudi aman bersama keluarga di kondisi new normal adalah kondisi kendaraan harus dalam kondisi prima dan layak pakai sehingga tidak membuat repot di jalan,\" pungkasnya. (apr)

Tags :
Kategori :

Terkait