Bagaimana Kota Cirebon Menangani Covid-19?

Senin 08-06-2020,08:45 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

Penanganan corona virus disease (covid-19) Kota Cirebon masih belum menyentuh akar persoalan. Tes masal belum benar-benar dapat terlaksana. Sehingga peta sebaran sesungguhnya belum benar-benar tersingkap.

ADA 8 orang yang reaktif dari hasil rapid test di Kawasan Pesisir Kota Cirebon. Skrining itu dilakukan pasca adanya 3 orang yang terkonfirmasi positif covid-19 melalui pemeriksaan spesimen swab.

Belakangan, diketahui 2 kasus positif di RW 01 dan RW 10 Kelurahan Panjunan tersebut adalah transmisi lokal dari satu orang pasien dalam pengawasan (PDP) yang meninggal dunia. Dan diketahui positif covid-19 setelah hasil pemeriksaan swab-nya keluar.

Kasus seperti ini dikhawatirkan akan terus terjadi. Seiring belum benar-benar tersingkapnya peta sebaran covid-19 yang sesungguhnya. Besar kemungkinan mereka yang tak bergejala belum terdeteksi. Sementara upaya tes masal untuk menemukan kasus di tengah masyarakat belum dilakukan.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon juga belum berencana mengganti metode pengujian dari rapid test ke polyemerase chain reaction (PCR). Setidaknya, skrining cepat dengan pengujuan antibodi masih akan dilakukan sampai alat tes dengan akurasi di bawah 30 persen itu stok-nya habis.

Selengkapnya...

Tags :
Kategori :

Terkait