Pendaftar PPDB Tahap I SMA Sudah Terpenuhi

Rabu 10-06-2020,13:28 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Sempat mengalami server down di hari pertama, memasuki hari kedua PPDB SMA di Kabupaten Cirebon berjalan lancar. Animo masyarakat di hari kedua pendaftaran tahap I ini masih cukup tinggi. Masyarakat pun sudah paham mengenai jalur-jalur pendaftaran tahap pertama.

Ketua MKKS SMA Kabupaten Cirebon, Rudianto MPd menuturkan, masyarakat sangat antusias pada PPDB tahap pertama ini. Mereka sudah paham akan jalur tahap satu yang melayani pendaftaran jalur afirmasi, prestasi, atau perpindahan orangtua.

Hingga saat ini, kuota tahap 1 pun sudah mulai terpenuhi. Seperti misalnya di SMAN 1 Sumber hingga hari ke-2 sudah ada 222 pendaftar, SMAN 1 Beber sudah ada 112 pendaftar, SMAN 1 Plumbon 96 pendaftar, dan SMAN 1 Losari 90 pendaftar. \"Rata-rata kuota di tahap 1 itu sudah terpenuhi hingga 50%, bahkan ada yang sudah 100%,\" terangnya.

Sesuai dengan peraturan menteri yang tertera dalam SE Mendikbud No 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam masa penyebaran Covid-19 menjadi rujukan tentang keluarnya Peraturan Gubernur dan Petunjuk Teknis Penerimaan Siswa Baru tahun ini.

Untuk menghindari terjadinya kerumunan, maka segala macam pendaftaran pun dilakukan dengan penginputan data dari sekolah asal yaitu SMP atau MTs. Sedangkan SMA hanya menerima berkas tentang hasil inputan yang berasal dari SMP/MTs tersebut.

\"Semua pendaftaran dilakukan secara online. Kami mengimbau para orangtua untuk mempercayai pendaftaran melalui sekolah sebelumnya, guna mempermudah proses pendaftaran. Jika ada yang melakukan mandiri tetap lakukan koordinasi dengan sekolah asal,\" jelasnya.

Pendaftaran tahap pertama ini akan berlangsung hingga 12 Juni mendatang. Usai pendaftaran tahap satu ini, maka selanjutnya akan masuk tahap verifikasi data dan diumumkan hasilnya pada 22 Juni. Adapun pendaftaran tahap 2 akan berlangsung pada 25 Juni hingga 1 Juli dan diumumkan hasilnya pada 8 Juli mendatang.

2

Sementara itu, hingga saat ini, berbagai sekolah pun sudah menyiapkan segala persiapan protokoler pencegahan covid-19 sebagai langkah persiapan menjelang pembagian rapor. Sesuai kalender pendidikan, pembagian rapor SMA akan dilaksanakan pada 19 Juni. \"Hingga saat ini, belum ada arahan pembagian rapor akan dilakukan online atau siswa berangkat seperti biasa. Namun hingga saat ini, sekolah sudah mulai mempersiapkan protokoler pencegahan penyebaran Covid-19 di setiap sekolahnya,\" tukasnya. (apr)

Tags :
Kategori :

Terkait