Swab Test Sasar 500 Santri yang Kembali ke Pesantren

Kamis 11-06-2020,11:45 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Ratusan santri asal Kabupaten Cirebon yang hendak berangkat ke Pondok Pesantren Lirboyo, bakal menjalani swab test masal untuk memastikan kondisi para santri dalam keadaan sehat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Cirebon, Drs H Imron  MAg, Rabu (10/6) sore. Menurutnya, swab test untuk ratusan santri tersebut, bakal dilakukan mulai Kamis (11/6) hingga beberapa hari mendatang. Hal ini juga dilakukan agar tidak ada keraguan dari pihak pesantren saat menerima kedatangan santrinya.

“Ini sebagai bukti perhatian kita kepada masyarakat, khususnya para santri agar mereka yang akan masuk pesantren, sudah dalam keadaan sehat,” ujar Imron.

Dalam swab test yang akan dilaksanakan di Covid Center Stadion Watubelah tersebut, ditargetkan menyasar sekitar 500 santri.

“Hasil rapat tadi dengan Rabithah Ma’had Islamiyyah (RMI), mereka menyambut baik penanganan kesehatan bagi para santri ini. Jadi, yang akan diperiksa kesehatannya 500 santri. Kita laksanakan mulai besok sampai hari Jumat,” imbuhnya.

Selain bagi para santri yang  belajar di Pondok Pesantren Lirboyo, swab test masal tersebut juga diperuntukan bagi mereka yang akan berangkat ke pesantren yang berada di daerah seperti Tuban dan Jombang. Hal tersebut sebagai bukti komitmen dan keseriusan Pemkab Cirebon dalam pencegahan dan memutus mata rantai Covid-19 di Kabupaten Cirebon.

\"Nanti santri yang ikut swab test ini, akan kita bekali surat keterangan bahwa sudah mengikuti swab test, hasilnya Sabtu sudah keluar,\" jelasnya.

2

Imron juga mengungkapkan, program seperti ini, rencananya akan digulirkan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum. Namun Kabupaten Cirebon, memulainya lebih dulu.

Bahkan menurut Imron, program pelaksanaan swab test untuk para santri ini, belum dilaksanakan di kota dan kabupaten lainnya. \"Kota dan kabupaten lain belum, kita (Kabupaten Cirebon) sudah melaksanakan,\" ujarnya.

Imron juga menjelaskan, berdasarkan informasi dari RMI NU Cirebon, ada sekitar 8.000 santri yang akan kembali ke sejumlah pesantren di Kabupaten Cirebon. Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada pondok pesantren untuk menyaratkan para santri, kembali ke pondok pesantren dengan membawa surat keterangan sehat.

\"Kami sudah anjurkan santri yang akan kembali ke pesantren di Kabupaten Cirebon, untuk membawa surat keterangan sehat,\" pungkasnya.  (dri)

Tags :
Kategori :

Terkait