Viral, Uang Rp1.000 Edisi Kelapa Sawit Dijual Ratusan Juta

Jumat 19-06-2020,23:34 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

JAKARTA – Uang logam Rp1.000 edisi Kelapa Sawit dijual hingga seharga Rp 150 juta per keeping di situs jual beli online. Padahal, uang keluaran tahun 1993 itu, harga sesungguhnya berkisar Rp2-4 ribu saja.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko menyatakan, uang koin ini masih berlaku sebagai alat pembayaran dan belum dicabut dari peredaran.

Sebagai alat pembayaran yang sah untuk bertransaksi, nilai tukar uang logam dimaksud sama dengan nilai nominalnya yaitu Rp1.000.

Onny menyebut soal penggunaan uang ini sebagai barang koleksi hal itu diperbolehkan saja. Mengenai harganya yang mencapai ratusan juta, tergantung kesepakatan pembeli dan penjualnya.

\"Selanjutnya jika ada masyarakat yang akan mengkoleksi (bukan transaksi) layaknya koleksi numimastic atau koleksi uang-uang kuno, biasanya harganya tergantung kesepakatan antara pembeli dan penjual,\" jelas Onny.

Bila dilihat lebih rinci, pemilik iklan memberikan deskripsi harga beserta tahun produksi uang logam tersebut. Rata-rata, uang logam yang dijual puluhan juta itu diproduksi di kisaran tahun 1990.

Salah satu kolektor dan penjual uang kuno asal Gresik Gus Ahmad Legen menilai harga ratusan juta tersebut hanya dibesar-besarkan oleh pihak tertentu.

2

\"Sebenarnya yang viral sampai harga berjuta-juta itu menurut saya dilebih-lebihan. Kenyataannya tidak demikian, saya punya stok 3.000 keping dan harga jualnya normal Rp 2.500 sampai Rp 4.000 per keping,\" kata dia. (yud)

Tags :
Kategori :

Terkait