Tahun Ini, Sharp Kembali Raih ICSA

Rabu 13-10-2010,06:00 WIB
Reporter : Dedi Darmawan
Editor : Dedi Darmawan

CIREBON - Sharp Electronics Indonesia (SEID) menambah deretan prestasi. Di ajang penghargaan yang mengedepankan tingkat kepuasan pelanggan, Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) 2010, Sharp meraih 2 kategori untuk lemari es dan mesin cuci. Pimpinan manajemen Sharp menerima penghargaan pada 4 Oktober lalu. Branch Manager Sharp Service and Distribution Cirebon, Yayan Heryanto menjelaskan, penghargaan bergengsi tahunan bagi merek-merek yang paling memuaskan pelanggan ini diselenggarakan oleh Majalah Swa Sembada. “Kami cukup bangga kembali mendapat kepercayaan atas penghargaan ini. Menegaskan Sharp mampu berkomitmen dalam perhatian terhadap kepuasan pelanggan,” katanya kepada Radar, Rabu (13/10). Seperti tahun sebelumnya, terang Yayan, penilaian ICSA 2010 didasarkan hasil survei kepuasan pelanggan sebagai pengguna merek yang melibatkan 8.400 responden tersebar di enam kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan dan Makasar. Survei yang sudah diselenggarakan selama lebih dari satu dasawarsa (1999– 2010) ini dilakukan terhadap ratusan kategori produk (manufaktur hingga jasa) yang ada di Indonesia untuk mendapatkan Indeks Kepuasan Pelanggan atau Customer Satisfaction Index (CSI). “Metodologi survei CSI 2010 ini mencakup empat parameter yang dilakukan dengan metodologi random dan booster untuk mendapatkan Total Satisfaction Score (TSS),” ujarnya. Diterangkannya, parameter pertama Quality Satisfaction Score (QSS), untuk melihat tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas produk atau layanan. Kedua, Value Satisfaction Score (VSS) yang mengukur kepuasan pelanggan terhadap harga yang mereka bayar. Ketiga, Perceived Best Score (PBS) guna menilai keyakinan pelanggan bahwa merek yang telah digunakan adalah merek terbaik dalam hal kepuasan konsumen. Keempat, Expectation Score (ES) digunakan untuk pengukuran terhadap harapan pelanggan terhadap suatu merek akan kemampuan memberikan kepuasan dimasa yang akan datang. Yayan menjelaskan untuk kategori produk lemari es, dari 6 merek SEID berhasil mempertahankan posisi teratas dengan jumlah skor TSS dari keempat parameter mencapai 4.194. Sedangkan untuk kategori mesin cuci, SEID berhasil naik menduduki peringkat pertama dengan total skor TSS 4.109. Sementara untuk produk TV LCD, AC dan audio, SEID bersaing ketat dengan beberapa merek utama lainnya. Upaya SEID dalam memuaskan dan menjangkau pelanggan, tambah Yayan, terwujudkan dengan adanya 26 kantor cabang dan service center Sharp di Indonesia, lengkap dengan 33 outlet Sharp Direct Service Station (SDSS) dan 223 outlet Sharp Authorized Service Center (SASS) yang tersebar di berbagai penjuru daerah untuk memberikan layanan purna jual terbaik dan tercepat. (ron)

Tags :
Kategori :

Terkait