Pipa Reservoir Sudah Tersambung, Pelanggan Keluhan Aliran Air Tirta Giri Nata Masih Belum Ngocor

Sabtu 18-07-2020,15:30 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Proses normalisasi air bagi pelanggan Perumda Air Minum Tirta Giri Nata Kota Cirebon masih berlangsung. Meskipun pipa inlet dan outlet reservoir air 9.000 M3 sudah tersambung hari ini (18/7), tapi aliran air belum juga menocor.

Hingga saat ini pelanggan Perumda Tirta Giri Nata belum juga teraliri air. Sejak kemarin, keluhan pelanggan terkait air tidak ngocor menyeruak di media sosial.

Seperti yang terlihat di akun Instagram Radar Cirebon, misalnya. Banyak warganet yang mengeluhkan kondisi air yang hingga berota ini ditulis, belum juga ngocor.

\"Set 12 rencananya nyala… smpe skrng blm nyala2.. pye to pdam, udah ga punya akun ignya.. kan warga crbn mau silaturahmi kalau ada akun ig nya mah,\" tulis akun @singgihprasetio1.

\"Kalitanjung Barat belum nyala juga sampai Sekarang Airnya…,\" tulis warganet lainnya, @anggaardian.

\"Samadikun blm nyala jg smp skrng,\" komen @lastijulian3011.

Sebelumnya Perumda Tirta Giri Nata sempat melakukan pemadaman dari Jumat (17/7) pukul 17.00 WIB hingga Sabtu (18/7) pukul 05.00 WIB. Namun, proses tapping (penyambungan) baru selesai Sabtu (18/7) sekitar pukul 11.30 WIB.

2

Direktur Utama Perumda Air Minim Tirta Giri Nata Kota Cirebon Sofyan Satari mengungkapkan, saat pengerjaan taping pipa inlet dan outlet reservoir oleh kontraktor, alat berat crane sempat mengalami gangguan nonteknis. Tali crane sempat slip dari rel katrolnya, sehingga perlu waktu untuk memperbaikinya.

Tanpa crane, pekerja tidak dapat melakukan pekerjaannya dengan lancar. Karena pipa sambungan letter T dan letter Y yang mesti disambungkan ke jaringan distribusi utama (JDU) bobotnya ratusan kilogram, bahkan ton.

“Ada sedikit kendala nonteknis pada saat penyambungan di Plangon. Alhamdulillah, tadi jam 11.30 sudah selesai semua pekerjaan taping. Dan barusan kami sudah buka kembali aliran air ke JDU untuk disalurkan ke pelanggan,” ujarnya.

Berdasarkan informasi sementara yang diterima radarcirebon.com, saat ini air udah masuk pipa. Tapi di pipanya masih membuang udara, salah satunya lewat hydrant. Sehingga masih membutuhkan waktu untuk aliran air kembali normal. (hsn)

Tags :
Kategori :

Terkait