Agar Terbebas dari Sakit Asam Urat, Simak Penjelasannya

Senin 27-07-2020,20:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

SEBUAH studi terbaru menyatakan bahwa pola makan sehat, yang mampu menurunkan tekanan darah seseorang, juga dapat menawarkan hasil yang sama pada mereka yang menderita asam urat.

Uji klinis yang dilakukan Johns Hopkins University School of Medicine di Baltimore, Amerika Serikat, melibatkan lebih dari 400 partisipan yang diberikan konsumsi DASH.

DASH sendiri, adalah diet yang hanya melibatkan buah-buahan, sayur-mayur, susu rendah lemak, dan lemak tak jenuh dalam jumlah terbatas.

Dalam studi yang dirilis dalam jurnal Arthritis and Rheumatology itu, ditemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi DASH mengalami penurunan kadar asam uric dalam tubuh. 

Kristal asam uric adalah zat yang bertanggungjawab atas pembengkakan pada bagian sendi, kebanyakan terjadi pada bagian jempol kaki, namun bisa juga terjadi area sendi lainnya.

Disebutkan juga dalam temuan ini bagaimana perubahan pola makan dapat menawarkan hasil yang efektif pada penderita dengan kadar asam uric yang masih dalam tahap awal hingga tahap menengah.

“Hasil dari uji coba ini adalah kabar baik bagi penderita darah tinggi dan asam urat. Pendekatan pola makan untuk mencegah asam urat ini bisa dibilang sebagai terapi tahap awal,” kata Dr Edgar Miller III selaku pimpinan studi seperti dikutip Medical News Today.(ruf/fin)

https://www.youtube.com/watch?v=3WwJjjRX0Xo
https://www.youtube.com/watch?v=YDkJ6MAdtlc
Tags :
Kategori :

Terkait