BIJB Hidupkan Layanan Penerbangan Khusus Umrah dan Kargo

Rabu 29-07-2020,15:30 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

BANDUNG - Di era new normal atau masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) manajemen PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) mulai bangkit. Sejumlah strategi pemulihan jangka pendek pun dilakukan.

Salah satunya menghidupkan layanan penerbangan khusus umrah dan kargo dari Bandara Kertajati, Majalengka pada September mendatang.

Direktur Utama PT BIJB Salahudin Rafi mengatakan, saat ini Kementerian Perhubungan telah melonggarkan jasa transportasi penerbangan. Selain itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga mendorong BUMD ngebut menjemput peluang bisnis yang ada.

\"Kami sudah kumpulkan agen travel umrah dan melobi Garuda Indonesia untuk charter flight umrah September, sekaligus juga kargo,\" ujarnya, Rabu (29/7).

Diungkapkan Rafi, penerbangan khusus ini dilakukan dengan menyewa pesawat untuk menerbangkan jemaah umrah dari Jabar. Selama ini keberangkatannya tertunda karena penanganan Covid-19 di Arab Saudi. \"Nanti BIJB yang charter pesawatnya,\" ungkapnya.

Rafi mengatakan, untuk pengiriman kargo, peluang bisnis ini sangat terbuka. Mengingat 90 persen layanan kargo di Indonesia menggunakan pesawat komersil setiap harinya.

\"September kita bisa mulai layanan ini karena selama pandemi transportasi udara untuk pengiriman barang masih ada,\" katanya.

2

Rafi menjelaskan, BIJB yang juga dikenal dengan sebutan Bandara Kertajati ini sempat menikmati kue ekonomi dari layanan kargo pada 2019 lalu dengan kapasitas sebesar 400 ton.

\"Layanan ini masih berjalan pada Januari, namun kemudian turun drastis sejak Maret gara-gara Covid-19. Pendapatan kami hanya dari parkir pesawat pindahan dari Soekarno-Hatta,\" jelasnya.

Rafi menambahkan rencana membuka layanan khusus pada September menurutnya sesuai hasil survei dari konsumen.

\"Sebanyak 62% bakal terbang kembali dengan melihat penerapan protokol kesehatan di bandara, kami lihat September akan ada pergerakan,\" pungkasnya. (rdh/rls)

Tags :
Kategori :

Terkait