Innalillahi, Ajip Rosidi Sastrawan Besar Kelahiran Majalengka Meninggal Dunia

Kamis 30-07-2020,01:26 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

INNALILLAHI wa inna ilaihi rajiun. Sastrawan dan Budayawan Ajip Rosidi meninggal dunia di usianya yang ke-82 tahun, Rabu (29/7) sekitar pukul 22.30 WIB. Ia meninggal dunia dalam perawatan pascaoperasi di RSUD Tidar Kota Magelang, Jawa Tengah.

\"Betul, saya sedang \'ke sana ke mari\' (mengurus segala sesuatu, red.) ini,\" kata salah seorang anak Ajip Rosidi, Nundang Rundagi, dikutip dari Antara.

Seperti diberitakan, Ajip Rosidi telah menjalani perawatan dan operasi di RSUD Tidar Kota Magelang. Almarhum harus menjalani operasi karena mengalami pendarahan otak setelah jatuh di rumah anaknya di Pabelan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.

Baca juga:

Ajip Rosidi-Nani Wijaya Akad Nikah di Keraton Kasepuhan

Nani Wijaya dan Ajip Rosidi Disebut Sultan Pasangan Unik

Ibunya Nikah di Usia Senja, Anak Nani Wijaya Merasa Happy

2

Terkait pemakaman jenazah, Nundang belum bisa memberikan keterangan lebih jauh. Karena saat ini masih sibuk mengurusi jenazah ayahnya di rumah sakit.

Untuk diketahui, Ajib Rosidi merupakan sastrawan besar kelahiran Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, 31 Januari 1938. Selama hidupnya, ia menaruh minat besar terhadap perkembangan bahasa dan sastra Sunda.

Ajip Rosidi setiap tahun melalui Yayasan Kebudayaan Rancage yang didirikannya, memberi penghargaan kepada orang-orang yang dianggap berjasa bagi pengembangan bahasa dan sastra daerah sejak 1989. Penghargaan itu dikenal dengan \"Hadiah Sastra Rancage.\"

Ajip Rosidi telah menghasilkan ratusan karya dalam bentuk buku maupun publikasi tulisan. Ia meraih gelar doktor kehormatan, honoris causa, bidang ilmu budaya dari Universitas Padjadjaran pada 2011.

Ajip Rosidi memiliki 6 anak bersama istri pertamanya Fatimah Wirjadibrata. Setelah menduda, Ajip Rosidi mempersunting Nani Wijaya yang juga berstatus janda pada 2017. (hsn)

Lihat juga video menarik berikut ini:

https://youtu.be/O91Le8vrurQ
Tags :
Kategori :

Terkait