Bisakah Corona Menyebar Lewat Asap Rokok? Bila Dihisap Penderita, Ini Penjelasannya..

Jumat 31-07-2020,12:07 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

BANYAKNYA para perokok di luar sana, Anda mungkin pernah bertanya,  “bisakah virus corona disebarkan melalui asap rokok, oleh mereka yang positif corona?”

Well, menurut pendapat dokter osteopati Robert K. Roland, dari Atlantic Health System’s Overclock Medical Center, hal itu belum bisa dikonfirmasi secara medis. 

Menurut kepala seksi divisi penyakit menular itu, potensi ini masih terus dipelajari oleh para ahli. Untuk saat ini, penularan virus corona secara garis besar, masih didominasi lewat droplet, yang keluar saat seseorang bersin atau batuk. 

Dengan demikian, untuk sementara ini, belum ditemukan adanya indikasi penyebaran corona lewat asap rokok, dan bahwa droplet hanya mampu menyebar setidaknya sejauh dua meter. 

Akan tetapi, teramat sangat dianjurkan, untuk tetap selalu waspada akan penyebaran virus yang pertama kali diidentifitasi di Wuhan, China itu, 

Penggunaan masker, selain tetap berakitifas di rumah, adalah sesuatu yang bijak yang bisa Anda lakukan, untuk terlibat dalam pencegahan penyebarannya.(ruf/fin)

https://www.youtube.com/watch?v=BUNBIOIx0t4
Tags :
Kategori :

Terkait