Vaksin Covid-19 Siap Awal Tahun 2021

Senin 03-08-2020,04:00 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

WASHINTON - Penasihat Presiden Trump bidang kesehatan Anthony Fauci mengungkapkan fakta baru soal vaksin Covid-19 yang sedang dikembangkan oleh peneliti di semua negara.

Menurutnya vaksin Covid-19 akan siap pada awal tahun 2021 dan 250 ribu warga Amerika Serikat (AS) telah ambil bagian dalam uji klinis vaksin. Tetapi meminta masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan.

\"Saya sangat optimistis kami akan mendapatkan vaksin pada akhir tahun ini dan tersedia pada 2021. Saya tidak berpikir ini sebagai mimpi … Saya percaya vaksin Covid-19 akan segera menjadi kenyataan,\" ujar Anthony Fauci yang juga kepala National Institute of Ellergy and Infectious Disease, seperti dikutip dari Global News, Minggu (2/8/2020).

Direktur Centers for Disease Control and Prevention Robert Fedfiled menambahkan masyarakat harus menggunakan masker dengan baik, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak untuk menjaga Amerika.

\"Langkah sederhana ini sama efektifnya ketika kita memberikan pukulan seperti kita menutup seluruh ekonomi negeri ini,\"

Di bawah program Operation Warp Speed, AS telah memesan 300 juta dosis vaksin Covid-19 dari perusahaan farmasi ketika vaksin ditemukan. Vaksin ini akan diberikan berdasarkan rekomendasi dari para ahli kesehatan.

Namun yang pertama akan mendapatkannya dalah apra pekerja di sektor kesehatan. \"Dengan waktu yang wajar, setiap orang Amerika akan mendapatkan vaksin pada 2021,\" terang Fauci.

2

Saat ini ada 4,5 juta warga AS yang terinfeksi Covid-19 di mana 150.000 lebih meninggal. Dalam beberapa minggu ini terjadi peningkatan kasus corona di selatan dan barat AS. (yud/cnbc)

https://www.youtube.com/watch?v=G6V6kAJ6HDs
Tags :
Kategori :

Terkait