Hore, Gaji 13 PNS segera Cair

Senin 03-08-2020,07:00 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

JAKARTA – Gaji 13 PNS cair kapan? Pertanyaan demikian kerap diungkapkan para abdi negara. Yang ditunggu, akhirnya segera tiba. Sebelum pertengahan bulan Agustus diperkirakan sudah terealisasi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani sudah memastikan gaji ke-13 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI dan Polri akan cair bulan ini.

Gaji ini akan dibayarkan ketika peraturan pemerintah tentang gaji ke-13 sudah terbit. Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangaan Andin Hadiyanto, proses pencairan ini akan terlaksana setidaknya sebelum pertengahan Agustus ini.

“Kita usahakan sebelum pertengahan Agustus, kalau bisa lebih cepat,\" ujar Andin.

Menurut Andin saat ini revisi peraturan pemerintah terkait pencairan gaji 13 PNS tersebut sedang difinalisasi di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

\"Revisi peraturan pemerintahnya sedang difinalisasi Kemenpan-RB. Segera selesai dan langsung dibayar,\" katanya.

Sebelumnya, Sri Mulyani mengungkapkan pemberian gaji ke-13 tidak hanya untuk PNS tapi juga para pensiunan. Untuk skemanya akan sama dengan Tunjangan Hari Raya (THR) pada Mei lalu. Di mana yang mendapatkan hanya PNS level eselon III ke bawah serta pensiunan.

2

\"Gaji dan pensiun ke-13, kami melaksanakan dengan kebijakan THR yang sudah dilakukan Mei lalu yakni tidak diberikan pada pejabat negara, pejabat eselon 1 dan 2 dan pejabat setingkat,\" ujar Sri Mulyani pekan lalu.

Adapun anggaran yang dialokasikan sebesar Rp28,5 triliun. Anggaran ini termasuk bagi pensiunan PNS di seluruh Indonesia. Sayangnya, komponen gaji ke-13 PNS dan anggota TNI/Polri tidak mencakup tunjangan kinerja (tukin). (yud)

Tonton video berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=G6V6kAJ6HDs
Tags :
Kategori :

Terkait