Tips Menyusui Jadi Lebih Praktis

Minggu 09-08-2020,19:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

SAAT menyusui membutuhkan kenyamanan ekstra agar tidak mengganggu si kecil. Seperti misalnya siapkan bantal menyusui atau sofa khusus yang empuk, agar punggung tidak mudah pegal.

Tak kalah penting, baju yang dikenakan juga harus nyaman ya jadi dapat menyusui dengan praktis. Melansir Milk and Love, sejak masa kehamilan disarankan untuk membeli pakaian hamil yang berkualitas baik dan memiliki akses menyusui dengan mudah. Sehingga, baju tersebut masih bisa dikenakan setelah melahirkan.

1. Breastfeeding friendly

Baju yang didesain dengan kancing depan akan membuat aktivitas menyusui jadi lebih praktis. Kini, banyak desainer menawarkan baju dengan desain breastfeeding friendly. Enggak harus kancing depan, jadi bisa tampil lebih stylish dengan baju yang memiliki lubang di bagian samping payudara.

2. Lembut dan menyerap keringat

Sebaiknya memilih baju bermaterial lembut. Hindari membeli busana dengan kain sintetis seperti bahan polyester yang cenderung membuat gerah saat dipakai. Apalagi masa-masa kehamilan dan menyusui biasanya suhu di tubuh akan terasa meningkat. Jadi bawaannya akan lebih gerah dari biasanya. Anda membutuhkan busana dengan material yang nyaman untuk menyerap keringat.

3. Bra menyusui

2

Tak kalah penting, persiapkan bra menyusui yang nyaman dikenakan. Sebab, bra yang tidak pas dapat memberikan tekanan pada saluran ASI Bunda dan menyebabkannya tersumbat serta menyebabkan peradangan pada payudara, seperti dikutip dari laman Consumerrepots.

Oh ya, sebaiknya Anda juga mempersiapkan bra menyusui dengan ukuran yang tepat. Untuk memudahkan mendapatkan bra menyusui yang nyaman, cobalah untuk membelinya satu terlebih dahulu. Ketika sudah menemukan yang pas, barulah dapat membelinya lebih banyak.

Jan Barger, seorang konsultan laktasi di Chicago merekomendasikan untuk tidak membeli lebih dari satu bra menyusui sebelum bayi lahir. Sebab, ukuran payudara bisa lebih besar setelah bayi lahir dan ASI terproduksi penuh.

Menggunakan bra menyusui, sambung Barger, sangatlah penting terutama untuk menghindari kebocoran dan melindungi puting jika merasa sakit selama menyusui. Untuk itu, Barger merekomendasikan untuk mendapatkan bra yang mudah digunakan.

\"Membeli sport bra yang sangat nyaman untuk minggu-minggu pertama dengan ukuran yang sedikit lebih besar dari yang dikenakan sekarang, sehingga dapat ditarik dengan mudah,\" katanya .

Setelah terbiasa menyusui dan merasa lebih nyaman, ukuran payudara pun lebih mudah ditentukan. \"Inilah waktu yang tepat untuk mendapatkan bra menyusui yang bagus,\" ujar Barger. (haibunda)

https://www.youtube.com/watch?v=BjiqmEZ04qk
Tags :
Kategori :

Terkait