Din Tegaskan KAMI Gerakan Moral

Rabu 19-08-2020,23:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

JAKARTA- Sejumlah tokoh melakukan deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI), di Tugu Proklamasi Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/8).

Inisiator KAMI, Din Syamsuddin menyatakan, kesiapan mereka untuk berdiskusi dan berdebat dengan siapapun sepanjang berbasiskan data, bukan sinisme.

”Bila perlu berdiskusi, berdebat, kami siapkan (data). Karena kami yakin dengan apa yang kami nyatakan itu berbasis ilmu pengetahuan,” kata mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah ini.

Dijelaskan Din, KAMI adalah gerakan moral masyarakat Indonesia dari berbagai elemen dan komponen bangsa yang tujuannya tidak lain untuk terwujudnya keadilan masyarakat Indonesia.

Sebagai gerakan moral, kata Din, KAMI juga berdimensi politik, tetapi bukan politik praktis. ”Kalaupun kami bergerak ke dimensi poltik, adalah politik moral. Ini lebih tinggi dari politik praktis. Dan ini dijamin oleh UU untuk berserikat, untuk melakukan social control,” jelasnya.

Sementara itu, Eks Panglima TNI Jenderal (purn) Gatot Nurmantyo dalam orasinya menyatakan siap menghadapi pihak yang mengganggu kegiatan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI).

Gatot menggaransikan dirinya untuk memastikan acara deklarasi KAMI berjalan dengan aman dan tanpa gangguan dari pihak yang ingin mengganggu gerakan ini. Sebab, Gatot memandang acara ini sah di mata hukum dan konstitusi.

2

“Saya tekankan sejak pembukaan dalam acara ini sampai penutupan nanti, apabila ada hal-hal yang berkaitan berdasarkan hukum, maka keseluruhannya yang bertanggung jawab adalah saya pribadi, Gatot Nurmantyo,\" tegasnya.

Selain Din Syamsudin dan Gatot Nurmantyo, sejumlah tokoh yang bergabung dalam KAMI yakni, KH Rochmat Wahab, Rachmawati Soekarnoputri, Rocky Gerung, mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli, mantan Menteri Kehutanan MS Ka\'ban, dan Ketua Umum FPI Sobri Lubis. (fin/jpnn)

https://www.youtube.com/watch?v=M9zk9njD5jw
Tags :
Kategori :

Terkait