Semangat Membangun Bersama

Jumat 21-08-2020,13:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

WALIKOTA Cirebon, Drs H Nashrudin Azis SH mengatakan melalui kesempatan hari jadi Cirebon ke-651 ini, Pemerintah Kota Cirebon mengusung tema Semangat Membangun Bersama. Tema itu dipilih karena perayaan hari jadi Cirebon tahun ini berada di situasi pandemi Covid-19.

Menurutnya, dengan tekad membangun bersama seluruh pelaku pemerintah di semua tingkatan dan pelaku pembangunan, dituntut mampu merancang ulang agenda-agenda penyelenggaraan  pemerintahan demi merealisasikannya di tahun 2021.

“Semangat Membangun Bersama menjadi semboyan juang kita demi merealisasi visi SEHATI Kota Cirebon sebagai kota kreatif berbasis budaya dan sejarah,” ujar Azis, Kamis (20/8).

Rangkaian tradisi peringatan hari jadi kota Cirebon ke-651, dimulai dengan pelaksanaan salat Ashar berjamaah di masjid Agung Sang Cipta Rasa, Rabu sore (19/8).

2

Salat Ashar berjamaah ini, diikuti oleh Walikota Cirebon Dra Hj Eti Herawati, Sekretaris Daerah Drs H Agus Mulyadi MSi, ketua DPRD Affiati SPd, para pimpinan Muspida, serta sejumkah kepala perangkat daerah dan tokoh masyarakat lainnya.

Salat Ashar berjamaah diimami oleh penghulu masjid Agung Sang Cipta Rasa H Jumhur ini berlangsung khidmat, yang langsung disambung dengan dzikir dan doa.

Pelaksanaan tradisi rangkaian hari jadi di Kota Cirebon setiap tahunnya dimulai dengan salat Ashar berjamaah. Pasalnya, hari jadi kota Cirebon diperingati pada tahun baru Hijriah setiap tanggal 1 Muharam.

Dalam penanggalan Islam, masuknya awal hari dihitung mulai dari ba’da Ashar, sehingga saat ini waktu sudah memasuki tanggal 1 Muharam 1442 Hijriah.

Selepas salat Ashar berjamaah, rombongan pejabat pemkot Cirebon dan pimpinan Muspida langsung bertolak ke Astana Gunung Jati, untuk berziarah ke makam Syekh Syarif Hidayatulloh yanf merupakan acara tradisi rangkaian hari jadi kota Cirebon.

Tags :
Kategori :

Terkait