Manfaatkan Libur Panjang, Wisata Sejarah di Keraton Kacirebonan

Sabtu 22-08-2020,14:30 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Objek wisata sejarah di Kasultanan Cirebon banyak dikunjungi wisatawan pada libur long weekend kali ini. Keraton Kacirebonan, salah satunya, menjadi daya tarik wisata sejarah yang komunikatif dan terjangkau.

Pada kesempatan libur panjang akhir pekan yang bertepatan dengan Hari Jadi ke-651 Kota Cirebon, Keraton Kacirebonan mengalami peningkatan kunjangan wisatawan lokal maupun luar daerah.

Mereka datang untuk melihat langsung kemegahan bangunan Keraton Kacirebonan yang menjadi sentra budaya. Di dalam Keraton Kacirebonan terdapat beberapa peninggalan barang-barang kuno tradisi atau adat budaya dari leluhur serta benda-benda pusaka lainnya.

\"Mumpung liburan panjang, saya bawa keluarga datang ke Keraton Kacirebonan untuk berwisata sekaligus memberikan edukasi kepada anak tentang sejarah yang ada di Cirebon ini,\" ujar Makmur, wisatwan asal Bandung ditemui radarcirebon.com saat berwisata di Keraton Kacirebonan, Sabtu (22/8).

Baca juga:

Empat Kota Berstatus Bebas COVID-19

Viral Video Oknum Polisi Tilang WNA Jepang di Bali, Lampu Mati Diminta Duit Rp 1 Juta

2

Sementara itu, Patih Keraton Kacirebonan Pangeran Tomy Iplaludin Dendabrata ditemui radarcirebon.com di Keraton Kacirebonan mengatakan, keberadaan Keraton Kacirebonan tidak hanya untuk wisata sejarah. Tetapi Keraton Kacirebonan juga mengembangkan kegiatan komunikatif dengan masyarakat.

\"Kami (Keraton Kacirebonan, red) juga fokus pada pengembangan kegiatan yang komunikatif dengan masyarakat seperti melestarikan budaya Cirebon, pembelajaran tari topeng maupun seni ukir kayu. Untuk dimasa pandemi Covid-19 ini masih didominasi wisatawan lokal dari Ciayumajakuning dan sekitarnya,\"katanya.

Masih menurut Elang Tomi, tiket masuk ke Keraton Kacirebonan ini cukup terjangkau. Karena tidak ingin memberatkan wisatawan yang berkunjung.

\"Kami tidak ingin memberatkan warga yang ingin berwisata ke Keraton Kacirebonan ini dengan harus membayar tiket yang mahal. Wisatawan yang berkunjung ke Keraton Kacirebonan hanya cukup membayar tiket Rp 5.000 saja dan pengunjung dapat mengeksplor banyak ilmu tentang sejarah Cirebon,\" ujarnya. (rdh)

https://youtu.be/R8TloVkgZF8

Banyak wisatawan pada libur panjang akhir pekan mengunjungi objek wisata sejarah di Keraton Kacirebonan, Sabtu (22/8). FOTO: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM

Tags :
Kategori :

Terkait