Giring Jadi Capres 2024, Disebut Hanya Gimmick

Senin 24-08-2020,20:33 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

JAKARTA – Baliho Giring Ganesha Capres 2024 sempat viral di media sosial. Baru-baru ini, juga tersebar video pernyataan kesiapan untuk maju di pemilihan presiden.

“Saya justru terjun masuk ke dunia politik, pada saat banyak anak muda nggak suka,” kata Giring dalam video tersebut.

“Saya percaya bahwa anak muda justru harus lebih dalam melibatkan diri dalam politik,” tandasnya, dalam vide yang sama.

Kendati demikian, langkah Giring ini dianggap hanya sebagai gimmick politik semata. Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari mengatakan, pencalonan giring sebenarnya dapat direspons positif.

Bahwa sebenarnya, Giring mengajak anak muda untuk tidak apatis dalam politik. “Sebagai sebuah pendidikan politik saya melihat pernyataan Giring ini sangat bagus bagi generasi muda sebagai sebuah pendidikan politik,\" ujar Qodari, kepada wartawan, Senin (24/8/2020).

Meski begitu, Qodari menilai peluang Giring bisa maju sebagai capres sangat kecil dari sisi kemungkinan politik. Ini mengingat suara PSI yang masih kecil. Apalagi PSI tak memiliki kursi di DPR RI, walaupun ada beberapa perwakilannya di sejumlah DPRD.

Partai-partai besar cenderung akan memberikan dukungan untuk kadernya sendiri. Meski Giring merupakan Plt Ketum, Qodari menilai masih sangat sulit eks vokalis Band Nidji itu akan didukung oleh partai-partai lain di luar PSI.

2

\"Bukan mustahil partai-partai itu akan mendukung Giring sebagai capres tapi ada syaratnya, Giring harus punya elektabilitas yang tinggi sekali sebagai capres di 2024 akan datang. Misalnya seperti Jokowi lah pada 2014 dan 2019 yang lalu, walaupun bukan ketum partai tapi dia bisa maju dan dicalonkan PDIP karena elektabilitasnya yang tinggi dan berpeluang menang,\" bebernya. .

Untuk membangun elektabilitas, jalur paling kuat saat ini adalah melalui lewat faktor sebagai kepala daerah. Daerahnya pun tidak sembarangan, sebab harus daerah-daerah besar seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur atau daerah dengan exposure nasional seperti Jakarta.

Atas dasar itu, Qodari menilai langkah Giring mengumumkan siap maju sebagai capres tidak benar-benar serius. Itu dianggap sebagai sebuah gimmick menyusul posisi Giring kini sebagai Plt Ketum PSI. (yud)

Tonton video berikut:

https://youtu.be/LhlRfOIW20k
Tags :
Kategori :

Terkait