Jelang Jumeneng Sultan Sepuh, Massa Berusaha Masuk ke Keraton Kasepuhan

Minggu 30-08-2020,14:09 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

CIREBON - Jelang Jumeneng Sultan Sepuh XV, Ratusan massa dari Forum Silaturahmi Dzuriah Kanjeng Sunan Gunung Jati bersama Keluarga Kesultanan Cirebon mendatangi gerbang masuk utama Keraton Kasepuhan.

Mereka berusaha masuk dan menemui PRA Luqman Zulkaedin. Namun, massa tersebut berhasil dihadang puluhan aparat gabungan TNI dan Polri. Mereka bermaksud bertemu dengan keluarga Keraton Kasepuhan Cirebon dengan tujuan meluruskan sejarah.

Kini massa masih bertahan di depan gerbang keraton kurang lebih berjarak 25 meter.

\"Tujuan kami ingin bersilaturahmi ke rumah sendiri untuk menemui saudara Luqman. Sudah ada pemberitahuan, tapi tidak ada jawaban. Mangkanya kami ke sini,\" kata salah seorang perwakilan massa saat berdialog dengan aparat kepolisian.

Merespons permintaan massa, Kapolres Cirebon Kota, AKBP Syamsul Huda meminta pengertian massa.

\"Di dalam ada acara dan tamu undangan, kami sifatnya di sini menjaga keamanan. Yang kami pikirkan adalah kepentingan masyarakat agar situasi kantibmas di Cirebon kondusif,\" tegas dia.

Terkait dengan keinginan pelurusan sejarah, Kapolres mengatakan, permasalahan tersebut ada jalurnya.

2

\"Kalau bapak-bapak mau pelurusan sejarah silakan ada jalurnya. Sebagai tokoh budaya, tokoh masyarakat harus memberikan contoh,\" katanya.

Kapolres menegaskan, fokusnya adalah masalah kantibmas dan kondusivitas masyarakat. Sehingga, bila ada yang melanggar hukum dari pihak manapun, akan ditindak. (rdh)

Tonton video berikut:

https://youtu.be/o6HATm57wZY
Tags :
Kategori :

Terkait