Elon Musk Sukses Uji Coba Tanam Chip ke Otak Babi, Berikutnya Manusia

Minggu 30-08-2020,15:31 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

SAN FRANSISCO - Perangkat chip baru dari Neuralink telah diuji coba ditanam pada otak seekor babi. Sejauh ini, menunjukkan keberhasilan. Tidak menutup kemungkinan, nantinya perangkat dengan diameternya 23 milimeter ini akan ditanam ke otak manusia.

Elon Musk menyebut, implan ke otak dilakukan oleh robot yang melakukan operasi dengan pembiusan lokal sehingga mengurangi rasa sakit. Dalam uji coba ini, babi bernama Gertrude dipasang implan di otak yang berhubungan dengan penciuman. Saat ia mencium sesuatu, tampak dalam grafis ada peningkatan aktivitas di otaknya.

Baca Juga:

Chip tersebut juga dapat diambil. Hal itu dilakukan di babi lain bernama Dorothy dan diklaim tak menimbulkan efek samping apapun.

\"Apa yang diilustrasikan oleh Dorothy adalah Anda bisa memasang Neuralink, mengambilnya, dan tetap sehat, bahagia, serta tidak bisa dibedakan dari babi normal,\" papar Elon Musk, kepada Guardian.

Selain menyembuhkan penyakit, Musk mengklaim akan ada banyak kegunaan lain jika nantinya bisa dipasang pada otak manusia. Misalnya saja telepati, mengendalikan smartphone, memanggil mobil Tesla, memainkan video game, sampai membantu orang yang cedera parah dapat kembali berjalan.

Sejauh ini, belum ada bukti ilmiah bahwa semua itu dapat dilakukan. Akan tetapi sepertinya, Elon Musk percaya diri seperti halnya pada proyek-proyek ambisius lain yang ia kerjakan. (yud)

2

Tonton video berikut:

https://youtu.be/o6HATm57wZY
Tags :
Kategori :

Terkait