GKR Hemas: Semoga Sultan Sepuh XV Dapat Menjalankan Tugasnya dengan Baik

Minggu 30-08-2020,20:47 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

CIREBON - Pangeran Raja Adipati (PRA) Luqman Zulkaedin yang baru selesai menjalani penobatan menjadi Sultan Sepuh ke-XV diharapkan dapat menjalankan tugasnya sebagai Sultan Sepuh Keraton Kasepuhan dengan sebaik-baiknya.

Hal tersebut diungkapkan Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, istri Sri Sultan Hamengkubuwono X usai menghadiri jumenengan di Keraton Kasepuhan Cirebon, Minggu(30/8).

\"Kepada Sultan Kasepuhan Cirebon yang baru, dari semua kerjaan di Nusantara berharap beliau mempunyai peran yang baik dan bagus dalam menjalankan tugasnya sebagai sultan di Cirebon,\" ungkapnya.

Baca Juga:

Sementara itu di tempat yang sama, Anggota Komisi VIII DPR RI KH Maman Imanulhaq berharap Keraton Cirebon memiliki program-program yang lebih representatif.

\"Mudah-mudahan Cirebon seperti juga Jogja memiliki program-program yang lebih representatif misalnya pariwisata yang berbasis komunitas, kemudian sanggar-sanggar kesenian, dewan kesenian Cirebon pun harus lebih diperhatikan sehingga kehadiran Keraton Kasepuhan Cirebon dengan raja atau sultan yang baru bukan hanya sekedar simbol, tetapi lebih dari itu adalah roh bagi seluruh gerakan kebudayaan di Kasepuhan Cirebon ini,\" katanya.

Masih kata Maman, keraton-keraton yang ada di Nusantara untuk memegang teguh komitmen nasionalisme Indonesia.

2

\"Indonesia bisa terbangun salah satunya atas komitmen kebudayaan yang merupakan ciri khas Indonesia yang mengakui sistem negara kesatuan Indonesia yang bisa melebur dalam nilai-nilai tradisi keraton di berbagai penjuru nusantara,\" ujarnya. (rdh)

Tags :
Kategori :

Terkait