Vaksin Sinovac Sukses Bentuk Antibodi Covid-19

Selasa 08-09-2020,13:14 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

VAKSIN buatan perusahaan bioteknologi Sinovac, berhasil membentuk antibodi terhadap covid-19. Ini diketahui setelah dilakukan serangkaian uji coba. Termasuk pada kalangan lansia.

\"Kandidat Sinovac, CoronaVac tidak menyebabkan efek samping yang parah dalam uji coba gabungan Fase 1 dan Fase 2 yang diluncurkan pada Mei yang melibatkan 421 peserta berusia setidaknya 60 tahun,\" kata Liu Peicheng, perwakilan media Sinovac, dikutip dari Reuters, Selasa (8/9/2020).

Temuan ini bisa dibilang cukup menggembirakan terlebih belakangan banyak pakar kesehatan yang khawatir apakah vaksin Corona dapat dengan aman melindungi orang tua yang sistem kekebalannya biasanya bereaksi kurang kuat terhadap vaksin.

Dalam penelitian tersebut, peserta dibagi menjadi tiga kelompok. Masing-masing diberi dua dosis vaksin namun ada yang mendapat dosis rendah, sedang, dan tinggi. Hasilnya lebih dari 90 persen mengalami peningkatkan kadar antibodi yang signifikan.

Meski pada golongan lansia, antibodi yang muncul tidak sesignifikan pada usia lebih muda.

Vaksin Sinovac, CoronaVac, saat ini sedang melakukan uji klinis tahap akhir di Indonesia dan Brasil untuk mengevaluasi apakah vaksinnya efektif dan cukup aman untuk mendapatkan persetujuan penggunaan masal. (yud)

Tags :
Kategori :

Terkait