Kesadaran Warga Pakai Masker Mulai Meningkat

Jumat 11-09-2020,08:30 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

CIREBON - Hari ketiga pelaksanaan razia protokol kesehatan di salah satunya masker, kesadaran masyarakat Kabupaten Cirebon lebih meningkat.

Penerapan sanksi sosial yang sudah dilaksanakan selama razia, dinilai cukup efektif.

\"Hari ketiga ini kesadaran masyarakat agak meningkat dibandingkan hari-hari sebelumnya,\" ujar Ketua Tim 1, Wisnu Wijaya, kemarin.

Hal itu terbukti, di dua lokasi razia di wilayah Ciwaringin, tim hanya mencatat sebanyak 34 pelanggar. Rata-rata, mereka yang terjaring razia tidak membawa dan tidak memakai masker.

\"Penahanan KTP tetap kita lakukan bagi pelanggar yang membandel. Di sini ada 5 KTP yang kita tahan. Kita upayakan seminimal mungkin menerapkan sanksi penahanan KTP,\" kata Wijaya.

Begitu pun dengan rapid test yang dilakukan di lokasi razia, Wijaya mengungkapkan, dari 18 pelanggar yang di-rapid test, hasilnya semua non reaktif.

Ia menjelaskan, pelaksanaan rapid test sendiri selama kegiatan penerapan disiplin protokol kesehatan, hanya memprioritaskan daerah-daerah yang masuk kategori zona merah saja.

2

Secara keseluruhan, lanjut dia, peningkatan kesadaran masyarakat juga terjadi di beberapa wilayah lainnya di Kabupaten Cirebon.

Dari tiga tim penerapan disiplin protokol kesehatan yang digelar di beberapa titik berbeda, diketahui jumlah warga yang terjaring razia pun mengalami penurunan.

Di hari ketiga pelaksanaan razia, pelanggar yang berhasil dicatat oleh tiga tim jumlahnya sebanyak 114 orang.

Jika dibandingkan dengan razia sebelumnya, atau hari kedua yang jumlahnya mencapai 125 orang, berarti ada penurunan jumlah pelanggar sebanyak 11 orang.

 \"Untuk giat hari ini (kemarin, red) dari seluruh tim jumlah pelanggar sebanyak 114 orang. Sedangkan jumlah keseluruhan pada giat kemarin, kita masih mencatat ada 125 pelanggar,\" paparnya.

Untuk rapid test sendiri, dari total 40 pelanggar yang menjalani rapid test, hasilnya semua non reaktif. (dri)

Tonton video berikut:

https://youtu.be/BoXrDd5LTcA
Tags :
Kategori :

Terkait