Percepat Pendataan Nomor HP Siswa

Selasa 15-09-2020,13:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

JAKARTA-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menekankan, agar sekolah-sekolah segera menuntaskan pendataan nomor handphone atau telepon seluler para siswa.

Sebab, hingga batas waktu penginputan nomor HP siswa pada aplikasi Dapodik pada 11 September kemarin, masih ada ribuan siswa yang belum terdata.

Berdasarkan catatan Kemendikbud, hingga 11 September 2020, data nomor ponsel yang sudah terdaftar sebanyak 21,7 juta. Jumlah ini masih separuh dari total siswa yang sebanyak 44 juta orang. Kemudian, untuk nomor ponsel guru yang terdaftar ada 2,8 juta dari total 3,3 juta guru di Indonesia.

Sementara untuk mahasiswa, nomor ponsel yang telah terdaftar sebanyak 2,7 juta nomor dari delapan juta mahasiswa, dan dosen 161 ribu dari 250 ribu dosen.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (PAUD Dikdasmen) Kemendikbud Jumeri mengatakan, bahwa data nomor handphone ini akan menjadi acuan penyaluran subsidi kuota internet untuk pembelajaran daring.

“Karena itu, kami menghimbau sekolah-sekolah agar segera menyelesaikan pendataan pada hari ini,\" kata Jumeri, di Jakarta, Senin (14/9)

Menurut Jumeri, penginputan nomor ponsel tersebut penting dilakukan agar peserta didik bisa mendapatkan kuota internet gratis sebesar 35 GB per bulannya yang dapat digunakan untuk menunjang pendidikan jarak jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19.

2

“Baik yang siswa yang berasal dari keluarga kaya maupun miskin akan mendapatkan bantuan kuota tersebut. Bagi yang belum terdata bulan ini, jangan khawatir, karena akan didata bulan berikutnya,\" ujarnya.

Namun, berhubung proses verifikasi dan validasi (verval) data ponsel belum sepenuhnya terdata, Kemendikbud memberikan batas akhir hingga besok, Selasa (15/9).

Kepala Pusat Data dan Informasi Kemendikbud, Muhammad Hasan Chabibie mengatakan, bahwa hingga saat ini pihaknya masih membuka aplikasi pendataan dan telah berkoordinasi dengan satuan pendidikan maupun provider atau operator penyedia jasa telekomunikasi.

“Masih kami data. Sudah secara paralel kita sampaikan sampai tanggal 15 nanti tetap kita buka untuk mereka-mereka yang belum (memasukkan data nomor handphone),\" kata Hasan.

Hasan menambahkan, bagi satuan pendidikan yang belum memberikan data hingga hari ini, maka nomor handphone baru akan diserahkan Kemendikbud ke operator pada akhir bulan.

“Hal ini berlaku bagi satuan pendidikan yang mengajukan data nomor handphone dari tanggal 12 hingga 15 September 2020,\" terangnya.

Kendati demikian, Hasan memastikan, bagi satuan pendidikan yang sudah terdata hingga 11 September 2020 akan diproses lebih dahulu. Artinya, yang mengajukan data nomor handphone setelah tanggal 11 September 2020, akan diurus belakangan. “Nanti yang belum masuk (11 September 2020) kita susulkan ke operator di akhir bulan,\" ujarnya.

Sementara itu, Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) meminta pendataan nomor handphone untuk subsidi kuota internet siswa dan guru diperpanjang. Sebab, hingga 11 September 2020, nomor handphone warga pendidikan yang terdata masih sangat minim, tidak sampai 50 persen.

Tags :
Kategori :

Terkait