Ok
Daya Motor

Selama Semester I 2025, PT KAI Daop 3 Cirebon Layani 2 Juta Penumpang

Selama Semester I 2025, PT KAI Daop 3 Cirebon Layani 2 Juta Penumpang

Suasana penumpang yang turun dari kereta api di Stasiun Cirebon PT KAI Daop 3 Cirebon.-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - PT KAI Daop 3 Cirebon mencatat keberangkatan pelanggan kereta api selama semester I 2025 sebanyak 1.028.533 pelanggan.

Sedangkan, yang turun atau datang di stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon berjumlah 1.000.156 pelanggan. 

"Total pelanggan yang dilayani selama periode semester I 2025 sebanyak 2.028.698 pelanggan, atau naik 3,6 persen dari semester I 2024 dengan jumlah 1.958.321 pelanggan," kata Manager Humas Daop 3 Cirebon Muhibbuddin.

Tercatat jumlah pelanggan per bulannya yang berangkat dari stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon selama periode semester I 2025.

Diantaranya, pada Januari mengangkut sebanyak 169.624 pelanggan, Februari 144.341 pelanggan, dan Maret 130.989.

BACA JUGA:Kedapatan Edarkan Obat Keras, Satresnarkoba Polres Ciko Tangkap Pemuda di Gunungjati

BACA JUGA:Efisiensi Anggaran, Implementasi Paspor Desain Merah Putih Ditunda, Imigrasi Fokus Tingkatkan Pelayanan

BACA JUGA:DPRD Setujui 3 Raperda Jadi Perda, Walikota Cirebon: Hadirkan Pemerintahan Adaptif dan Berpihak ke Rakyat

"Sementara pada April berjumlah 176,260 pelanggan, Mei 156.890 pelanggan, dan Juni 202.550 pelanggan.”

“Puncak kepadatan penumpang terjadi pada Juni karena terdapat momen liburan sekolah,” jelas Muhib.

Sedangkan untuk stasiun yang melayani keberangkatan pelanggan tertinggi di wilayah Daop 3 diantaranya, Stasiun Cirebon sebanyak 404.014 pelanggan, disusul Stasiun Cirebonprujakan sebanyak 182.214 pelanggan.

Kemudian Stasiun Jatibarang sebanyak 142.287 pelanggan, Stasiun Brebes 109.153 pelanggan dan Stasiun Haurgeulis sebanyak 70.216 pelanggan.

Muhib menambahkan, untuk jumlah penumpang berdasarkan kelas pada Semester I 2025 sebanyak 1.028.533 pelanggan yang terdiri dari kelas eksekutif sebanyak 265.056 penumpang.

BACA JUGA:Bayi Meninggal di RSUD Linggarjati Kuningan Karena Menggunakan BPJS, Benarkah?

BACA JUGA:Sidang di PN Surabaya, Nany Widjaja Tunjukan 24 Bukti Kepemilikan Tabloid Nyata

Sementara untuk kelas bisnis sebanyak 39.540 pelanggan dan kelas ekonomi sebanyak 723.937 pelanggan.

Muhibbuddin menyampaikan peningkatan tersebut menunjukkan bahwa masyarakat memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap kereta api sebagai moda transportasi yang aman dan nyaman untuk bepergian.

“Pelanggan yang menggunakan kereta api mengalami peningkatan. Ini bukan sekadar soal angka, tetapi tentang bagaimana kepercayaan publik tumbuh melalui pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman,” ujar Muhib.

“KAI Daop 3 Cirebon terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan, agar masyarakat menjadikan kereta api sebagai pilihan utama dalam melakukan perjalanan,” ucap Muhib.

BACA JUGA:Alasan Direktur RSUD Linggarjati Dicopot Sementara, Ini Kata Kadinkes Kuningan

BACA JUGA:Ketua MPR dan Menag Jadi Saksi Pernikahan Anak Gubernur Dedi Mulyadi

Adapun peningkatan layanan yang telah dilakukan, diantaranya pengoperasian Face Recognition Gate, menyediakan layanan minum gratis di Stasiun Cirebon dan Cirebonprujakan, serta penataan beberapa stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon.

Selain itu ketepatan waktu kedatangan kereta api juga terus ditingkatkan. Pada semester I 2025 rata-rata ketepatan waktu kedatangan kereta api sebesar 96,90 persen.

“Terima kasih kepada masyarakat dan para pelanggan kereta api atas kepercayaannya menggunakan layanan transportasi kereta api, kami berkomitmen untuk terus berusaha meningkatkan pelayanan menjadi lebih baik lagi,” pungkas Muhib. (*)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber: reportase

Berita Terkait