Dukungan BRI Antar Usaha Lokal Perhiasan Batu Alam Jangkau Pasar Internasional
Dukungan BRI Antar Usaha Lokal Perhiasan Batu Alam Jangkau Pasar Internasional-BRI -radarcirebon
JAKARTA, RADARCIREBON.COM – Terinspirasi dari tren batu akik yang viral pada tahun 2017, Helena Virgawati melihat adanya potensi bisnis di bidang perhiasan.
Perjalanan Helena pun semakin kuat setelah mendapat dukungan dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI yang hadir melalui sejumlah program pemberdayaan.
Di awal usahanya, Helena menghadapi tantangan besar yang mengubah persepsi bahwa batu akik yang selama ini identik dengan aksesori pria, kini bisa tampil elegan sebagai perhiasan untuk perempuan.
Dari keyakinan itulah, ia membangun “Bening by Helena”, sebuah merek perhiasan dengan desain unik berbahan batu alam khusus untuk wanita.
BACA JUGA: Begal Payudara di Area Mall Cirebon, Kapolres: Pelaku Sudah Dipukuli
Seiring dengan skala bisnis yang terus meningkat, selain menawarkan keindahan dan keunikan batu alam, Helena pun secara konsisten mendukung gerakan zero waste dengan menciptakan aksesori dari kantong kresek bekas dan sisa perca kulit yang diolah menjadi bros.
Kemudian, Helena terus berinovasi dengan menghadirkan wire Jewelry, yaitu perhiasan berbahan dasar kawat atau tembaga yang dirangkai dengan teknik tertentu, misalnya rajut.
Menurutnya, teknik rajut kawat masih jarang dibuat oleh pengrajin lain, sehingga ini menjadi nilai tambah bagi produknya. Mulai dari kalung, gelang, cincin, bros, hingga anting, semuanya dibuat dengan tangan secara teliti.
Selain produk yang sudah ada, Bening by Helena juga melayani pesanan khusus seperti tusuk konde dan tali masker. Desain yang fleksibel membuat Bening by Helena bukan hanya pembuat aksesori, tapi juga tempat bagi pelanggan untuk menyalurkan ide dan kreativitas mereka.
BACA JUGA: Bukan Gaya-gayaan, Ini Alasan Dedi Mulyadi Pilih Duduk di Kursi Depan saat Berkendara
Helena juga bercerita, kesuksesan Bening karya Helena tentu tidak datang begitu saja. Sejak tahun 2018, Helena aktif mengikuti pelatihan dan pendampingan dari Rumah BUMN BRI Bandung.
Program ini memberikan berbagai pelatihan mulai dari pengembangan keterampilan, manajemen bisnis, hingga pengelolaan keuangan. “Setelah mendapat pelatihan, saya jadi lebih paham bagaimana mengelola arus kas,” kata Helena.
Dukungan lain yang didapat dari BRI pun kian membuka peluang bagi Helena untuk memperluas pasarnya. Puncaknya, Bening by Helena menjadi salah satu dari 1.000 UMKM unggulan yang berhasil lolos kurasi untuk berpartisipasi dalam BRI UMKM EXPO(RT) 2025. Bagi Helena, acara seperti ini penting untuk usaha kecil seperti usahanya agar bisa berkembang dan kelak go internasional.
“BRI benar-benar memfasilitasi kami untuk memperkenalkan produk ke masyarakat. Acara ini juga menjadi ajang pertemuan dengan UMKM lainnya, membuka peluang kolaborasi, dan mendapatkan pendampingan dari pelatihan-pelatihan yang diadakan,” jelas dia.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:


