Ada Potensi Peningkatan Kecepatan Angin di Ciayumajakuning

Ada Potensi Peningkatan Kecepatan Angin di Ciayumajakuning

CIREBON - Peningkatan kondisi kecepatan angin di wilayah berpotensi terjadi di Wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan) terhitung 15 September sampai hari ini, Kamis 17 September.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kertajati menjelaskan, penyebabnya adalah perbedaan tekanan udara yang signfikan di wilayah utara dan selatan ekuator.

Terbentuknya pusat tekanan rendah di wilayah utara equator tersebut mencapai 990 hPa, sedangkan di wilayah selatan ekuator mulai terbentuk pusat tekanan tinggi (1030 hPa).

Perbedaan tekanan yang cukup signifikan tersebut berpengaruh pada peningkatan kecepatan angin di wilayah Ciayumajakuning dan adanya pendukung faktor lokal Gunung Ciremai (angin kumbang).

Sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan kecepatan angin. Berdasarkan hasil pengamatan 15 September dari BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati arah kecepatan angin umumnya dari arah Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan maksimum mencapai 43 km/Jam.

Kondisi peningkatan kecepatan angin di wilayah Ciayumajakuning diprakirakan dapat mencapai nilai maksimum hingga 56 km/jam.
Masyarakat diimbau agar lebih waspada dan berhati-hati terhadap dampak secara langsung maupun tidak langsung yang dapat ditimbulkan seperti debu, pohon tumbang dan kebakaran lahan/hutan. (yud)

https://www.youtube.com/watch?v=DGo7wX-Uy9k

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: